Business and Economics
Vol 9 No 1 (2024): June
Debunking the Myth that Job Stress Has No Impact on Healthcare Performance
Membongkar Mitos bahwa Stres Kerja Tidak Berdampak pada Kinerja Pelayanan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
*
(*) Corresponding Author
Abstract
This quantitative study examines the relationship between work stress and employee performance in 'Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan Sidoarjo Hospital, focusing on a sample of 83 married employees selected through simple random sampling from a total population of 187. Utilizing Likert scales for data collection and simple linear regression analysis for data analysis, the research finds no significant effect of work stress on employee performance (p = 0.799, α = 0.05). These results suggest a potential gap in understanding this relationship within the hospital setting and highlight the need for comprehensive management strategies to address various factors influencing employee performance. The findings underscore the importance of further research to explore potential moderators and mediators and inform effective interventions for enhancing employee well-being and productivity in healthcare organizations.
Highlights:
1. Examining work stress's impact on employee performance in healthcare.
2. Quantitative study, 83 married employees sampled from total population.
3. No significant effect found, highlighting need for comprehensive management strategies.
Keywords: Work stress, Employee performance, Healthcare organizations, Quantitative research, Management strategies
References
- L. Ilham and S. Andri, “Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Terhadap Kinerja Karyawan Medis (Kasus Pada Karyawan Medis Rumah Sakit Azzahra–Ujungbatu),” Riau University, 2018.
- A. L. Anfal, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018,” Excellent Midwifery Journal, vol. 3, no. 2, pp. 1–19, 2020.
- N. H. Marzuq and H. Andriani, “Hubungan service quality terhadap kepuasan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan: literature review,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 13995–14008, 2022.
- G. K. YSA and S. Haryani, “Pengaruh beban kerja, stres kerja, dan motivasi terhadap kinerja karyawan RS Ludira Husada Tama Yogyakarta,” Telaah Bisnis, vol. 19, no. 1, 2020.
- W. B. Arna, I. Arofah, and K. A. Belang, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda,” Jurnal Statistika dan Matematika, vol. 1, no. 1, 2019.
- Q. T. Ardita, A. Agusdin, and L. M. Furkan, “Analisis Pengaruh Konflik Pekerjaan-Keluarga (work-family conflict) Dan Stres Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan Wanita Di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Di Pulau Lombok,” JMM UNRAM, vol. 7, no. 3, pp. 29–44, Sep. 2018, doi: 10.29303/jmm.v7i3.313.
- R. Agustina and I. G. A. Sudibya, “Pengaruh Work Family Conflict Terhadap Stres Kerja Dan Kinerja Wanita Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Praya Lombok,” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, vol. 7, no. 3, pp. 775–808, 2018.
- U. Fadhilah, “Pengaruh Work Family Conflict dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. BPR Syari’ah Lantabur Tebuireng Jombang,” BIMA: Journal of Business and Innovation Management, vol. 2, no. 3, pp. 351–369, 2020.
- M. A. Harjianto and D. Kurniawati, “Pengaruh Keterlibatan Pekerjaan, Konflik Pekerjaan-Keluarga Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan Wanita Rumah Sakit,” vol. 07, no. 01, 2019.
- J. Jufrizen and T. S. Sitorus, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening,” in Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 2021, pp. 844–859.
- N. Ihsan, A. Anwar, and A. F. Rozi, “Pengaruh Stres Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Umum Kaliwates (RSUK) Jember,” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 161–173, 2018.
- N. Triani, “Pengaruh Stres Kerja, Motivasi, Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Murnih Asih (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Murni Asih Tangerang),” 2021.
- I. G. A. A. Warmadewi and P. S. Piartrini, “Peran Stress Kerja Pada Hubungan Persepsi Konflik Keluarga – Pekerjaan dengan Kepuasan Kerja,” inobis, vol. 1, no. 3, pp. 258–277, May 2018, doi: 10.31842/jurnal-inobis.v1i3.34.
- R. M. Aristo, M. Mansur, and K. Khalikussabir, “Pengaruh Stres Kerja, Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Perawat Rumah Sakit Islam Unisma Malang),” E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, vol. 11, no. 17, 2022.
- S. Saragih and E. Siahaan, “Pengaruh Stres Kerja, Efikasi Diri dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Pegawai Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Pematangsiantar,” J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), vol. 6, no. 2, pp. 90–102, 2021.
- A. Chandra and N. Nursaina, “Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Umum Antonius Pontianak,” in Proceeding Seminar Bisnis Seri V, 2021, pp. 124–133.
- N. Yuzalmi, R. Sukmadewi, and D. Kurniadi, “Pengaruh Work Family Conflict Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Syafira Pekanbaru,” Ensiklopedia of Journal, vol. 4, no. 4, pp. 394–405, 2022.
- T. A. Judge and J. A. Colquitt, “Organizational Justice and Stress: The Mediating Role of Work-Family Conflict.,” Journal of Applied Psychology, vol. 89, no. 3, pp. 395–404, 2004, doi: 10.1037/0021-9010.89.3.395.
- Khaerana and A. Amri, “Pengaruh Work Family Conflict Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Wanita Pada Puskesmas Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara,” JM001, vol. 6, no. 2, p. 80, Dec. 2020, doi: 10.35906/jm001.v6i2.614.
- A. Wisudaningsi, I. Arofah, and K. A. Belang, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda,” Jurnal statistika dan matematika, vol. 1, no. 1, Feb. 2019, doi: 10.32493/sm.v1i1.2377.
- H. Gunawan, “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), vol. 1, no. 2, pp. 56–61, 2018.
- N. Susanto, “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan Pt Rembaka,” Agora, vol. 7, no. 1, 2019.
- R. A. Prabowo, I. P. A. D. Hita, F. M. Lubis, S. Patimah, E. Eskawida, and S. Siska, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket,” Journal on Education, vol. 5, no. 4, pp. 12648–12658, 2023.
- R. Rosmaini and H. Tanjung, “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai,” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2019
- M. Yusuf and R. N. Ichsan, “Analisis Efektifitas Penggunaan Cadangan Devisa, Utang Luar Negeri dan Ekspor Terhadap Stabilitas Nilai Tukar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, vol. 4, no. 2, pp. 544–561, 2019
Downloads
Download data is not yet available.