Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Business and Economics

Vol 9 No 1 (2024): June

Unlocking Purchasing Decisions through Quality, Price, and the Role of Social Media in Indonesia
Membuka Keputusan Pembelian melalui Kualitas, Harga, dan Peran Media Sosial di Indonesia



(*) Corresponding Author
DOI
https://doi.org/10.21070/acopen.9.2024.7797
Published
June 4, 2024

Abstract

This study explores the combined influence of product quality, price, and social media utilization on purchasing decisions. Using a quantitative approach, data were collected from 97 consumers in Sidoarjo Regency who purchased nylon thread from CV. BUMI HIJAU PLAST through questionnaires and analyzed using SPSS16. The results demonstrate that all three factors significantly impact purchasing decisions. These findings suggest that consumers should consider these elements in their decision-making process, and businesses can enhance their marketing strategies by focusing on these key factors.

Highlights:

  1. Product quality, price, social media significantly impact purchasing decisions.
  2. Data collected from 97 consumers, analyzed with SPSS16.
  3. Businesses should focus on these factors to improve marketing.

Keywords: Product quality, price, social media, purchasing decisions, consumer behavior

References

  1. M. M. Batee, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli,” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 2, no. 2, hal. 313–324, 2019, doi: 10.36778/jesya.v2i2.108.
  2. R. Nurlaela Anwar, “Pengaruh Kepercayaan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Fashion Muslim Hijup Di Jakarta,” J. Manaj. Bisnis Krisnadwipayana, vol. 6, no. 1, hal. 75–85, 2018, doi: 10.35137/jmbk.v6i1.169.
  3. I. Yunita, “Mengenal Lebih Dekat Sampah Anorganik Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup,” Pendidik. Kim., hal. 4–7, 2013.
  4. B. A. B. Ii dan T. Pustaka, “3._BAB_II_sampah platik,” no. 2014, hal. 11–43, 2012.
  5. S. Yonaldi, N. Suryani, dan Y. Rahmawati, “Pemanfaatan Sampah Sebagai Sumber Wirausaha Barudalam Menghasilkan Produk Kerajinan Olahan Sampah Berbasis Social Technopreneur Pada Bank Sampah Pancadaya,” J. Qardhul Hasan, vol. 7, no. 2, hal. 89, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/3490/2602.
  6. Williianti, “Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1.,” Bab Ii Kaji. Pustaka 2.1, vol. 12, no. 2004, hal. 6–25, 2020.
  7. T. Sisrahmayanti dan M. Muslikh, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Mediasi Kepuasan Konsumen,” J. Fokus Manaj. Bisnis, vol. 12, no. 1, hal. 54–65, 2022, doi: 10.12928/fokus.v12i1.5802.
  8. G. V. M. Tua, Andri, dan I. M. Andariyani, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 04, hal. 140–154, 2022, doi: 10.56127/jukim.v1i04.266.
  9. I. A. Rozi dan Khuzaini, “Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee,” J. Ilmu dan Ris. Manaemen, vol. 10, hal. 1–20, 2021.
  10. I. M. Yudiana dan N. L. P. Indiani, “Peran Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Kembali di Bale Ayu Denpasar,” WACANA Ekon. (Jurnal Ekon. Bisnis dan Akuntansi), vol. 21, no. 1, hal. 55–63, 2022, doi: 10.22225/we.21.1.2022.55-63.
  11. A. Wicaksana dan T. Rachman, “済無No Title No Title No Title,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 3, no. 1, hal. 10–27, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
  12. Pemasaran Digital. Widina, 2022.
  13. Syaharullah, M. Yahya, dan A. Syarif, “Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Barang Jadi,” J. Piral J. Kaji. Islam Kontemporer, vol. 12, no. 2, hal. h. 29, 2021.
  14. B. A. B. Ii dan L. Teori, “Anteseden dari purchase intention Nadia Yusni Mardiana,” no. 2017, hal. 10–30, 2022.
  15. A. Tri Utami dan J. Ellyawati, “Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 22, no. 1, hal. 140–150, 2021, doi: 10.30596/jimb.v22i1.6200.
  16. S. A. Saputri dan I. Novitaningtyas, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik,” Among Makarti, vol. 15, no. 1, hal. 65–76, 2022, doi: 10.52353/ama.v15i1.243.
  17. S. Maisy, D. Probowulan, dan A. Maharani, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Return Saham,” Natl. Multidiscip. Sci., vol. 1, no. 5, hal. 650–655, 2022, doi: 10.32528/nms.v1i5.217.
  18. R. Ernawati, “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta,” Bus. Manag. Anal. J., vol. 4, no. 2, hal. 80–98, 2021, doi: 10.24176/bmaj.v4i2.6663.
  19. Y. F. Riskyady dan R. Sulistyowati, “Pengaruh Media Sosial Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 9, no. 2, hal. 1181–1187, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108.
  20. M. Fachmi, S. Rahayu Tri Astuti, dan J. Manajemen, “Analysis of website design, vendor reputation, and perception of ease of transaction of online shopping purchasing decisions with the perception of customer value as an intervening variable.,” Diponegoro J. Manag., vol. 5, no. 3, hal. 1–17, 2016, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.
  21. I. Noviyanti, D. Sunarsi, dan H. Wijoyo, “Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh,” J. Econ. Manag. Account. Technol., vol. 4, no. 1, hal. 43–54, 2021, doi: 10.32500/jematech.v4i1.1447.
  22. F. H. Iskandar dan A. F. Assa, “Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh citra merek,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 8, hal. 3584–3595, 2022, doi: 10.32670/fairvalue.v4i8.1462.
  23. B. A. B. S. I. Iii, “Bab iii metoda penelitian 3.1.,” Bab III Metod. Penelit., hal. 1–9, 2017.
  24. ?, “Bab Iii 2,” hal. 25–35, 2018.
  25. C. Maria Dimova dan P. M. R. Stirk, hal. 9–25, 2019.
  26. E. Romer, “Pengaruh Harga Transfer dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Penghindaran Pajak,” Akuntansi, vol. 2, no. 1, hal. 15–22, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html.
  27. E. T. A. Santosa dan B. J. Wibowo, “Pengaruh Return On Equity ( R O E ) , Return On Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Return Saham 50 Most Active Stocks By Trading Value ( Studi Kasus Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018 ),” J. Ekon. Manaj. Akunt. dan Perpajak., vol. 5, no. 2, hal. 161–179, 2023, doi: 10.24167/jemap.v5i2.2854.
  28. A. Mathematics, hal. 1–23, 2016.

Downloads

Download data is not yet available.