Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Business and Economics

Vol 4 (2021): June

The Influence of Social Intelligence, Learning Behavior, Culture and Interest in Learning on the Level of Accounting Understanding Moderated By Self Confidence
Pengaruh Kecerdasan Sosial, Perilaku Belajar, Budaya dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Percaya Diri



(*) Corresponding Author
DOI
https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2155
Published
August 16, 2021

Abstract

Thisi studyi aimsi toi determinei thei moderatingi rolei ofi Selfi Confidencei in thei relationship ofi Social Intelligence, Learning Behavior, Culture, and Interest in Learning to the Level of Accounting Understanding.

Thisi studyi usesi ai quantitativei approach.i Thei samplingi techniquei usedi is simple random isampling iwith probability sampling by distributing 203 questionnaires to students of the accounting study program at Muhammadiyah University of Sidoarjo. The data analysis technique used is the iOuter iModel ito testi thei validityi and ireliability of the data and the Inner Model to test the hypothesis iusing the iSmartPLS versioni 3.0 program.ii

Thei resultsi ofi thisi studyi indicatei that:i 1)i Self-confidence cannot moderate the relationship between Social Intelligence as evidenced by the p value of 0.560 and ithe t-statistic value of 0.584. 2) iSelf-confidence ican imoderate ithe relationshipi betweeni Learningi Behaviori andi Accountingi Understandingi Level and this is evidenced by the results of the p value of 0.046 and the t-statistic value of 2.003. 3) Self-confidence cannot moderate the relationship between culture as evidenced by the p value of 0.726 and the t-statistic value of 0.350. 4) Self-confidence cannot moderate the relationship between learning interest as evidenced by the p value of 0.146 and the t-statistic value of 1.457.

References

  1. I. Gusviartina Dwi, “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN MINAT SEBAGAI PEMODERASI,” J. Akunt. dan Sist. Teknol. Inf., vol. 12, 2016.
  2. P. G. Widyawati, “Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating (studi empiris pada mahasiswa di perguruan tinggi swasta Kota Madiun).” Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 2013.
  3. Y. F. NINGSIH, “PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SOSIAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KEPERCAYAAN DIRI, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI.” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO, 2019.
  4. D. Efriyenti, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Batam,” J. Akunt. BARELANG, vol. 2, no. 2, pp. 1–9, 2018.
  5. L. S. Ningsih, “Pemgaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi empiris mahasiswa akuntansi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya).” Wijaya Kusuma Surabaya University, 2018.
  6. A. Rahmawati, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Dan Universitas Islam Batik Surakarta Di Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
  7. E. Hikmawati, “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PERILAKU BELAJAR, DAN BUDAYA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember Angkatan Tahun 2016-2018).” Universitas Muhammadiyah Jember, 2019.
  8. P. E. Sugiartini, N. T. Herawati, S. E. AK, and N. L. G. E. Sulindawati, “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha),” JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs. Akuntansi) Undiksha, vol. 7, no. 1, 2017.
  9. N. Kholis, “Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi.” Universitas Negeri Malang, 2019.
  10. A. Setiaji, “PENGARUH KECERDASAN SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN II KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL.” Universitas Negeri Semarang, 2020.
  11. A. W. Ramadhan and M. SYAFRUDIN, “Pengaruh Dimensi Nilai Budaya terhadap Dimensi Nilai Akuntansi.” Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2012.
  12. M. Nasir, “Hubungan Budaya Belajar dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2013 UIN Alauddin Makassar.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014.
  13. M. Syah, “Psikologi belajar,” 2013.
  14. H. Y. W. Putra, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember).”
  15. D. Goleman, “Working with Emotional Intelligence (Terjemahan Alex Kantjono W). Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama., 2003,” Emot. Intell., 2000.
  16. H. Umar, Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. .
  17. V. W. Sujarweni, “Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi,” 2015.
  18. N. Dewi and D. Wirama, “Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi,” E-Jurnal Akunt., vol. 16, no. 1, pp. 615–644, 2016.

Downloads

Download data is not yet available.