Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Education

Vol 6 (2022): June

Overview of Sports Activities with Premenstrual Syndrome In Students of Health Information Management Program, Muhammadiyah University of Sidoarjo
Gambaran Aktivitas Olahraga Dengan Kejadian Premenstrual Syndrome Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Informasi Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo



(*) Corresponding Author
DOI
https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1682
Published
June 30, 2022

Abstract

Premenstrual Syndrome kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Pada data di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Program studi Diploma 3 kebidanan yang mengalami pms didapatkan 80%. Gejala pms yang timbul berbeda-beda, menunjukkan bahwa banyak kejadian PMS pada remaja di Umsida. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, populasi sebanyak 24 mahasiswa yang dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini memuat 2 variabel yakni aktivitas olahraga dan kejadian premenstrual syndrome. Data di ambil melalui kuesioner di isi oleh responden melalui googleform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden hampir seluruhnya (54,1%) melakukan olahraga teratur. Yang mengalami premenstrual syndrome gejala emosional yang paling banyak dialami oleh responden yaitu ledakan kemarahan sebanyak 21 orang (87,5%). Yang mengalami premenstrual syndrome gejala fisik yang paling banyak dialami responden yaitu sakit kepala sebanyak 16 orang (66,7) sakit perut sebanyak 16 orang (66,7%). Mahasiswi yang mengalami premenstrual syndrome lebih banyak terjadi pada mahasiswi yang melakukan aktivitas olahraga yang teratur.

References

  1. Damayanti,S. 2013, Factor-faktor yang Berhubungan dengan Premenstrual Syndrome pada Mahasiswa D-IV Kebidanan di sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan U’budiyah Banda Aceh.
  2. Dennerstein. L., Lehert, P.,L.S. dan Choi, D. 2010. Asian Study of Effect of Pramenstrual Symptoms on Ctivities of Daily Life. Menopause Int.
  3. Saryono dan Sejati, W. 2009. Sindrome Pramenstruasi, Nuha Medika, Yogyakarta.
  4. Sumiarsih. 2016. Aktivitas fisik dengan sindrom premenstruasipada siswa smp. Jurnal Kesehatan Aisyah, Volume 1 no 2.
  5. Susanti, H.D., Ilmiasih, R., Arvianti, A. 2017. Hubungan Tingkat Keparahan PMS Dengan Tingkat Kecemasan dan Kualitas Tidur Pada Remaja Putri. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Download data is not yet available.