Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Education

Vol 6 (2022): June

Stages of Ability to Recognize Number Concepts Through Modified Apron Media for Children with Special Needs
Tahapan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Apron Modifikasi Pada Anak Berkebutuhan Khusus



(*) Corresponding Author
DOI
https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1676
Published
June 30, 2022

Abstract

Konsep kesamaan dalam matematika merupakan suatu hal yang mendasar untuk dipelajari siswa di tingkat Sekolah Dasar. Pengetahuan akan kesamaan dalam matematika menjadi prasyat penting untuk mempelajari aljabar di tingkat yang lebih tinggi. Khususnya dalam tahapan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak berkebutuhan khusus yang bisa dikembangkan dengan cara menggunakan media apron hitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur. Adapun subjeknya ialah siswa sekolah Dasar Luar Biasa. Data yang diperoleh peneliti yakni dari berbagai literatur yang telah dikaji dan dianalisis oleh peneliti. Adapun hasil peneliti ini adalah siswa dapat mencapai tahapan pada mengenal konsep bilangan.

References

  1. Allpaslan, Z.G., Dan Erdn, F.T. (2016). The Status Of Earrly Childhoood Mathmatics Educattion Research In The Last Decade HAL Archives-Ouvertes. Diperoleh Januari 2021
  2. Ari Dwi Haryono, M.Pd, Matematika Dasar untuk PGSD,Aditya Media Publishing
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Asmani, Ma’mur, Jamal. 2010. Buku Pintar Playgroup. Jogjakarta Buku Biru.
  5. Bandi Delphie. 2009. Matematika Untuk anak Berkebutuhan Khusus. Klaten PT Intan Sejati
  6. Philia Prawastiningtyas, Devina. 2016 “Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Memampuan Berhitung Anak Usia Dini”. Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dr. Dadang Garnida, M.Pd, 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif, PT Refika Aditama Jl. Mengger Girang No. 8, Bandung
  8. Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Stategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Khatibah, “Penelitian Keputustakaan”, Jurnal Iqra’
  10. Monks, Knoers, dan Haditono, Rahayu, Siti. 2010. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  11. Mohammad Faisal Amir, M.Pd. 2019. Buku Ajar Bilangan, Umsida Press
  12. Hayati, Nur. 2018 “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bombik Modifikasi Pada Anak Kelompok Bermain”, Universitas Negeri Surabaya
  13. Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi dini anak berkebutuhan khusus, jakarta: departemen pendidikan nasional dirjen dikti
  14. Susanto, ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini: pengantar dari berbagai aspeknya, jakarta: Kencana prenadamedia Group
  15. Sujiono, Nurani, Yuliani, dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
  16. Sugiono. 2015 Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
  17. S. Suyanto (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing
  18. Triharso, Agung. 2013. Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
  19. Zed, mustika. Metode Penelitian Kepustakaan. (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004).

Downloads

Download data is not yet available.