Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Education

Vol 6 (2022): June

Knowledge of Private Vocational School of Pramenstruated Syndrom and How To Handle It In Larangan Village Rt.15 Rw.04 Sidoarjo
Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sindrom Pramenstruasi dan Cara Penanganannya di Desa Larangan Rt.15 Rw.04 Sidoarjo



(*) Corresponding Author
DOI
https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1631
Published
June 30, 2022

Abstract

Sindrom Pramenstruasi adalah gabungan dari gejala fisik yang biasanya terjadi mulai beberapa hari sampai satu minggu sebelum haid dan menghilang setelah haid datang. Berdasarkan data di desa Larangan Rt.15/ Rw.04 Sidoarjo dari 10 remaja putri didapatkan 8 (80%) pernah mengalami sindrom pramenstruasi. Data tersebut menunjukkan masih tingginya angka kejadian sindrom pramenstruasi. Tujuan penelitian diketauinya gambaran pengetahuan remaja putri tentang sindrom pramenstruasi dan cara penanganannya. Desain penelitian menggunakan metode survei deskriptif, dengan populasi seluruh remaja putri sebanyak 15 orang, seluruhnya dijadikan subjek penelitian. Variabelnya adalah pengetahuan tentang sindrom pramenstruasi serta cara penanganannya. Pengambilan data menggunakan kuesioner secara google form. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (53,3%) remaja putri mempunyai pengetahuan cukup tentang sindrom pramestruasi. Sebagian besar (73,3%) melakukan penanganan saat mengalami sindrom pramenstruasi dan remaja putri yang melakukan penanganan lebih banyak (83,3%) yang berpengatuan kurang dan yang tidak melakukan penanganan lebih banyak (37,7%) yang berpengetahuan cukup.

References

  1. Misaroh. (2010). Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika
  2. Mubarok, WI. (2017). Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
  3. Notoatmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Ramadani, M. (2013). PREMENSTRUAL SYNDROME ( PMS ). 7(1), 21—25.
  5. Windayanti, Y. T., Studi, P., Metro, K., & Kemenkes, P. (2015). Analisis faktor yang berhubungan dengan kejadian. VIII(2),
  6. Yanik. (2017) PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENEGTAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS. PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENEGTAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.