Vol 5 (2021): December
Business and Economics

The Effect of Advertising, Perception and Consumer Knowledge on Purchasing Products
Pengaruh Iklan, Persepsi dan Pengetahuan konsumen Terhadap Pembelian Produk


Wahyu Annas Surya Hadinata
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Misti Hariasih
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia *

(*) Corresponding Author
Picture in here are illustration from public domain image or provided by the author, as part of their works
Published December 28, 2021
Keywords
  • advertisement,
  • Consumers' Perceptions and Knowledge of Product Purchases
How to Cite
Hadinata, W. A. S., & Hariasih, M. (2021). The Effect of Advertising, Perception and Consumer Knowledge on Purchasing Products . Academia Open, 5, 10.21070/acopen.5.2021.2565. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklan, Persepsi dan Pengetahuan konsumen Terhadap Pembelian Produk pada PT. Javas Tripta Mandala. Alat analisis yang digunakan adalah melakukan tabulasi terhadap kuesioner, pengumpulan data yang berupa uji validitas dan reliabilitas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pengaruh iklan, persepsi dan pengetahuan konsumen terhadap pembelian produk. Untuk menguji hipotesis ini digunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil instrument penelitian yang diperoleh berdasarkan uji validitas menunjukkan seluruh pertanyaan pada kuesioner dinyatakan valid. Untuk uji reliabilitas dari semua variabel   diperoleh nilai Cronbach’s Alpha> 0.6 maka dinyatakan reliable. Uji Hipotesis berdasarkan Uji F, Uji t dan Adjusted R2 menunjukan ada Pengaruh signifikan Iklan, Persepsi dan Pengetahuan konsumen terhadap pembelian produk

Downloads

Download data is not yet available.

References

  1. Arianis Dan Dwi Astari. 2017.Persepsi terhadap Pembelian produk Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol.6, No.2. Universitas Padjadjaran.
  2. DitaMaya,Dinda.2016.Pengaruh iklan terhadap Pembelian produkJurnal Manajemen. Vol.3, No.3. Universitas Telkom.
  3. Ferdinand, augusty. 2006. Metode penelitian manajemen. Badan penerbit universitas diponegoro. Semarang.
  4. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25Edisi9,UNDIP. Semarang.
  5. Herdian Dan Hani.2018.Pengaruh Iklan Terhadap pembelian produk . Jurnal Bisnis Dan Manajemen. Vol.8, No.1. Universitas Kristen Satya Wacana.
  6. Huang, Rico. 2017. Jago Jualan Di Instagram. Jakarta.
  7. Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Edisi ke 13.Erlangga.Jakarta.
  8. Limanandono, Johan A Dan Diah. 2018. Pengetahuan konsumen terhadap Pembelian produk .JurnalManajemen.Universitas KristenPetra.
  9. Morissan. 2010. Periklanan (Komunikasi Pemasaran Terpadu). Edisi Pertama. Prenamedia Grup. Jakarta.
  10. Rima, Edriana, Lussy. 2018. Pengaruh Persepsi terhadap Pembelian produkJurnal Administrasi Bisnis.Vol.60, No.1.Universitas Brawijaya Malang.
  11. Royan, Frans M. 2005. Iklan terhadap Pembelian produk .Pt Elex Media Komputindo. Jakarta.
  12. Sanusi, A. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta. Setiawan, Iwan. 2016. New Content Marketing (Gaya Baru Pemasaran Era Digital). Gramedia Pustaka. Jakarta.
  13. Shindi dan Maya.2016.Persepsi terhadap Pembelian produk. Jurnal Manajemen. Vol.3, No 2, Universitas Telkom.
  14. Smith, Roberth H. 2011. The State of Small Bussines Report.University of Maryland.
  15. Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  16. Sutisna. 2003. Pembelian Produk. Dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan Ketiga. Pt .Remaja Posdakarya. Bandun