Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer
Business and Economics
DOI: 10.21070/acopen.5.2021.2181

Factors Influencing Interest in Career Selection as Financial Auditor for Accounting Students Class of 2020 During Covid-19.


Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Sebagai Auditor Keuangan Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2020 Saat Covid-19.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Framing Groupthink Financial Rewards Social Values Job Market Considerations

Abstract

This study aims to determine whether framing, groupthink, financial rewards, social values, and job market considerations have a influence on interest in choosing a career as a financial audit at the Muhammadiyah University of Sidoarjo students in the accounting study program during the covid-19 pandemic.This study used a quatitative approach. Data collection techniques of collecting using a questionnaire. The population of this study includes all the accounting students of Muhammadiyah University of sidoarjo, batch 2020 as many  as 178 students. The sampling technique used was simple random sampling, the slovin formula and obtaineda sample of 123 respondents. Method of analysis data used in thi research was multiple  linear  regression  techniques by using the  SPSS version 25 test tool .The results of this study indicate that framing, groupthink, financial rewards, social values, and job market considerations have a significant influence on interest in choosing a career as a financial auditor at the Muhammadiyah University of Sidoarjo students in the accounting study program during the Covid-19 pandemic.       

I. PENDAHULUAN

Pada masa pandemi covid-19 akan mengakibatkan anjloknya pendapatan dari hasil penjualan dalam dunia bisnis sehingga menimbulkan adanya risiko keuangan pada suatu perusahaan. Dari adanya permasalahan ini, seorang manajemen internal perusahaan harus memanajemen atau menilai risiko keuangan. Dalam hal ini, auditor harus mengidentifikasi dan menilai risiko audit serta menelaah kembali penilaian risiko keuangan perusahaan yang telah dilakukan oleh manajemen perusahaan . Akibat dari hal ini, mengakibatkan banyak perusahaan menambah jumlah staf auditor keuangan. Sehingga akan mempengaruhi mahasiswa angkatan tahun 2020 dalam menentukan program studi ketika awal pendaftaran perkuliahan, sudah memilih program studi akuntansi.

Minat mahasiswa akuntansi angkatan 2020 untuk memilih karir dapat dipengaruhi oleh framing. Jenis framing yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi angkatan 2020, yaitu: framing positive dan framing negative. Framing digunakan untuk mengkaji pembingkaian informasi. Informasi – informasi yang terbingkai tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan mahasiswa baru untuk memilih program studi akuntansi yang bisa dijadikan bekal untuk memilih karir sebagai auditor keuangan. Menurut penelitian, menunjukkan bahwa framing berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir menjadi auditor internal organisasi syariah.

Di sisi lain, groupthink juga berpengaruh dalam pemilihan karir pada mahasiswa angkatan 2020 untuk menjadi seorang auditor keuangan suatu perusahaan. Groupthink adalah jenis pemikiran yang ditunjukkan oleh anggota kelompok yang berusaha untuk meminimalkan konflik dan mencapai konsensus. Terutama pada saat pandemi covid-19, seseorang mahasiswa angkatan 2020 ini dalam memilih program studi ketika awal pendaftaran perkuliahan, sudah memilih program studi yang sesuai dengan karir yang diinginkan serta pemilihan tersebut sudah tergantung dengan teman satu kelompok. Menurut penelitian, menunjukkan bahwa groupthink berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir menjadi auditor internal organisasi syariah.

Penghargaan finansial juga menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan karir seseorang, karena penghargaan finansial dapat dijadikan pendorong seseorang untuk bekerja. Penghargaan finansial adalah suatu timbal balik perusahaan yang biasanya berupa uang yang diberikan terhadap karyawannya atas kontribusi yang dilakukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan yang diinginkan.Menurut penelitian, menunjukkan bahwa penghargaan finansial berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir menjadi auditor internal organisasi syariah. Menurut penelitian, menunjukkan bahwa penghargaan finansial berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Nilai – nilai sosial juga berpengaruh dalam pemilihan karir pada mahasiswa untuk menjadi seorang auditor keuangan suatu perusahaan. Nilai sosial kerja yaitu segala sesuatu yang terdapat disekeliling karyawan dan dapat mempengaruhinya dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepada karyawan tersebut. Nilai – nilai sosial dapat membuat pekerjaan auditor keuangan suatu perusahaan untuk lebih dihargai di dalam lingkungan sosial perusahaan. Meningkatkan standar mutu yang tinggi dalam bekerja dan memiliki rasa perhatian yang cukup pada lingkungan sekitar oleh seorang auditor keuangan akan meningkatkan mutu seorang auditor keuangan tersebut. Menurut penelitian, menunjukkan bahwa nilai – nilai sosial berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Pertimbangan pasar kerja juga menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan karir seseorang. Bentuk pertimbangan seseorang terhadap pasar kerja dalam memilih karir, antara lain: keamanan kerja yang terjamin, tersedianya lapangan kerja, dan kemudahan dalam mengakses lowongan kerja. Pertimbangan pasar kerja berkaitan erat dengan suatu pekerjaan yang bisa dengan mudah didapatkan pada masa yang akan datang. Oleh karena adanya semakin banyaknya lowongan kerja sebagai auditor keuangan, otomatis akan menambah peluang kerja untuk sebagai auditor keuangan. Sehingga akan mengakibatkan banyaknya mahasiswa angkatan tahun 2020 banyak yang memilih program studi akuntansi karena ingin menjadi auditor keuangan. Menurut penelitian, menunjukkan bahwa pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Penelitian terdahulu yang dijadikan sebagai acuan pada penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh, yang menyatakan bahwa framing, groupthink, penghargaan finansial berpengaruh terhadap minat memilih karir menjadi auditor internal organisasi syariah. Selain itu penelitian ini juga mengacu penelitian yang dilakukan oleh, yang menyatakan penghargaan finansial, nilai – nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik. Dari kedua penelitian tersebut variabel dependen dan independen ada suatu perbedaan. Akibat adanya GAP penelitian dari kedua penelitian tersebut serta GAP fenomena. Seorang peneliti akan tertarik mengembangkan suatu penelitian tersebut dengan cara mengkombinasikan variabel independen (bebas) dari kedua penelitian tersebut. Dan mengubah variabel dependen (terikat) secara lebih dalam yaitu minat pemilihan karir sebagai auditor. Serta mengkaitkan fenomena covid-19 pada penelitian tersebut.

Alasan peneliti menggunakan mahasiswa akuntansi angkatan tahun 2020 yang digunakan populasi pada penelitian ini. Hal itu dikarenakan pada saat awal pendaftaran perkuliahan angkatan tahun 2020 sudah terjadi adanya pandemi covid-19. Pada saat pandemi covid-19 tersebut akan mengakibatkan banyaknya pengangguran yang disebabkan langkahnya lowongan pekerjaan. Adanya pengangguran juga menyebabkan beberapa dampak negatif, antara lain: menjadi beban keluarga dan masyarakat, sumber utama kemiskinan, dan dapat mendorong peningkatan keresahan sosial dan kriminal. Dari hal demikian, mahasiswa angkatan tahun 2020 ketika awal pendaftaran perkuliahan sudah menyesuaikan program studi yang di pilih dengan suatu pekerjaan yang mempunyai jaringan lowongan pekerjaan yang luas, hal itu dikarenakan peluang mendapatkan pekerjaan semakin sulit akibat dampak pandemi covid-19. Pada saat pandemi covid-19 tersebut suatu pekerjaan yang mempunyai lowongan pekerjaan yang luas yaitu staf auditor keuangan. Dengan adanya lowongan pekerjaan yang luas dalam karir sebagai staf auditor keuangan akan mengakibatkan mahasiswa angkatan tahun 2020 minat memilih karir sebagai auditor keuangan, sehingga mahasiswa tersebut memilih program studi akuntansi yang bertujuan untuk mempelajari mata kuliah auditing.

Berdasarkan uraian diatas menunjukkan bahwa penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian - penelitian sebelumnya yang mempunyai tujuan untuk menguji apakah framing, groupthink, penghargaan finansial, nilai –nialai sosial berpengaruh terhadap minat mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo angkatan tahun 2020 dalam memilih karir sebagai auditor keuangan. Maka dari itu, penulis tertarik mengambil judul “Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Sebagai Auditor Keuangan Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2020 Saat Covid-19”.

bagai Auditor Keuangan pada Ma niversitas Muhammadiy

II. METODE PENELITIAN

Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif Alasan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dikarekan dalam penelitian ini memiliki beberapa tujuan, antara lain: untuk mengetahui apakah framing, groupthink, perhargaan finansial, nilai - nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemi covid-19

Lokasi pada penelitian ini adalah pada Fakultas Bisnis, Hukum, Ilmu dan Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang Berlokasi di Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo

Tabel 1. Variabel Penelitian

No Variabel Indikator Sumber
1 Framing Define problems (Pendefinisian masalah).Diagnose causes (Memperkirakan masalah atau sumber masalah).Make moral judgement (Membuat asumsi moral).Treatment recommendation (Menekankan penyelesaian).
2 Groupthink Cohesiveness (Keeratan atau kedekatan).Insulations (Isolasi atau pemisah diri suatu kelompok dari kelompok yang lain).Leadership (Kepemimpinan).Decisional stress (Tekanan pengambilan keputusan).Kebutuhan yang menyimpang.
3 Penghargaan Finansial Gaji.Bonus.Tunjangan.Dana pensiun.
4 Nilai – Nilai Sosial Nilai sosial yang tinggi terhadap pekerjaan.Berinteraksi dengan masyarakat.Kontrol sosial.
5 Pertimbangan Pasar Kerja Keamanan dalam bekerja.Tersedianya lapangan pekerjaaan.Kemudahan mengakses lowongan kerja.
6 Minat Menjadi Auditor Keuangan Unsur kognisi.Emosi.Konasi.

Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo angkatan tahun 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 178 orang. Kemudian dalam menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin, berikut ini perhitungan pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin:

n =

n =

n =

n =

n = 123,18

Dari hasil perhitungan diatas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini membutuhkan 123 orang yang bisa dijadikan sampel.

Pada penelitian ini, seorang peneliti menggunakan jenis data primer. Data primer merupakan suatu bentuk data yang diperoleh seorang peneliti secara langsung dari seorang responden dalam suatu penelitian yang dilakukan peneliti. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan terhadap mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo angkatan tahun 2020 yang masih aktif pada tahun pelajaran 2020-2021.

Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket (menyebarkan suatu kuesioner). Teknik angket adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan berbentuk tertulis terhadap responden yang bertujuan untuk memperoleh jawaban dari responden.

  • Jenis p enelitian
  • Lokasi p enelitian
  • Variabel penelitian
  • Populasi dan s ampel
  • Jenis data dan sumber d ata
  • Teknik pengumpulan data
  • Teknik analisis data

Statistik deskriptif merupakan teknik statistik biasanya digunakan untuk melakukan analisis suatu data dengan cara medeskripsikan semua data yang sudah terkumpul tetapi tidak mempunyai maksud untuk menarik suatu kesimpulan pada penelitian ini. Analisis data pada penelitian ini hanya ditunjukkan dengan perbandingan yang berhubungan dengan responden.

  • Statistik deskripstif
  • Uji validitas instrumen

Uji validitas dapat berguna untuk menentukan valid atau tidak-nya kuesioner pada penelitian. Suatu kuesioner penelitian dapat dikatakan valid bila pertanyaan didalam kuesioner penelitian bisa digunakan untuk mengungkapkan perihan yang akan diukur dalam kuesioner penelitian.

Ada 2 macam suatu kriteria yang dilakukan untuk menilai uji validitas dalam penelitian, antara lain:

  • Pernyataan dapat dikatakatan valid bila r hitung > r tabel.
  • Pernyataan dapat dikatakan tidak valid bila r hitung < r tabel.

Uji reliabilitas adalah suatu uji yang digunakan untuk mengukur reliabel atau tidaknya suatu variabel yang terdapat pada kuesioner suatu penelitian. Variabel penelitian yang ada didalam kuesioner dapat dikatakan reliabel, bila jawaban responden terhadap pertanyaan pada suatu kuesioner ialah konsisten atau bisa dikatakan stabil dari waktu ke waktu. Dalam SPSS tersedia mekanika untuk melakukan pengukuran reliabilitas dengan uji statistik yaitu menggunakan Cronbach Alpha (ɑ). Bila nilai Cronbach Alpha> 0,60, dapat dikatakan variabel pada suatu penelitian tersebut reliabel.

Analisis regresi linear berganda ini digunakan untuk membangun suatu persamaan yang menghubungkan lebih dari satu variabel bebas (X) terhadap satu variabel tidak bebas (Y), dan menentukan nilai ramalan atau dugaan dan hubungan antara kedua variabel disebut hubungan sebab akibat (searah) baik secara parsial maupun secara simultan. Berikut ini persamaan analisis regresi linear berganda yang bisa digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini:

Y = ɑ + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 +b5X5

Keterangan:

Y= Minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan

X1= Framing

X2 = Groupthink

X3 = Penghargaan finansial

X4 = Nilai – nilai sosial

X5= Pertimbangan pasar kerja

ɑ= Harga Y jika X = 0 (konstanta)

b= Koefisien linear berganda

  • Analisis regresi linear berganda
  • Uji statistik t

Uji statistik t digunakan untuk melakukan uji signifikansi suatu konstanta serta menguji pengaruh setiap variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Bila pada penilitian mempunyai nilai signifikansi < 0,05, berarti dapat dikatakan adanya pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen, sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima pada suatu penelitian, namun bila pada penilitian mempunyai nilai signifikansi > 0,05, berarti dapat dikatakan tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen, sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis ditolak pada suatu penelitian.

III. HASIL DAN PEMBAHASAN

Jumlah kuesioner yang disebar dentitas Respondenyang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 123 kuesioner. Dari 123 kuesioner, semua kuesioner dapat digunakan sebagai data dalam penelitian ini.

Tabel 2. Pembagian Data Kuesioner

Keterangan Jumlah Presentase
Kuesioner yang disebar 123 100%
Kuesioner yang tidak diisi lengkap 0 0%
Kuesioner yang tidak kembali 0 0 %
Kuesioner yang diisi oleh mahasiswa dengan lengkap 123 100%

Sumber: Data Diolah

Dari kuesioner yang telah terkumpul, berikut ini data responden dalam penelitian ini berdasarkan usia responden dan jenis kelamin responden.

  • Hasil pengumpulan data
  • Analisis data dan hasil p enelitian

Tabel 3. Hasil Uji Statistik Deskriptif

N Minimum Maximum Mean Std. Deviation
Framing (X1) 123 42 60 50,85 4,182
Groupthink (X2) 123 37 65 52,34 6,720
Penghargaan Finansial (X3) 123 21 35 28,50 3,491
Nilai – Nilai Sosial (X4) 123 20 35 28,73 3,837
Pertimbangan Pasar Kerja (X5) 123 8 15 12,15 1,726
Minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19 (Y) 123 24 40 32,73 4,340

Sumber: Data Primer diolah Spss 25

  • Analisis statistik deskriptif
  • Uji validitas

Tabel 4. Hasil Uji Validitas

RHitung RTabel Keterangan
X1.1 0,502 0,176 Valid
X1.2 0,519 0,176 Valid
X1.3 0,474 0,176 Valid
X1.4 0,519 0,176 Valid
X1.5 0,586 0,176 Valid
X1.6 0,568 0,176 Valid
X1.7 0,463 0,176 Valid
X1.8 0,431 0,176 Valid
X1.9 0,577 0,176 Valid
X1.10 0,519 0,176 Valid
X1.11 0,614 0,176 Valid
X1.12 0,511 0,176 Valid
X2.1 0,499 0,176 Valid
X2.2 0,488 0,176 Valid
X2.3 0,436 0,176 Valid
X2.4 0,714 0,176 Valid
X2.5 0,768 0,176 Valid
X2.6 0,711 0,176 Valid
X2.7 0,827 0,176 Valid
X2.8 0,627 0,176 Valid
X2.9 0,576 0,176 Valid
X2.10 0,417 0,176 Valid
X2.11 0,668 0,176 Valid
X2.12 0,664 0,176 Valid
X2.13 0,718 0,176 Valid
X3.1 0,563 0,176 Valid
X3.2 0,823 0,176 Valid
X3.3 0,794 0,176 Valid
X3.4 0,821 0,176 Valid
X3.5 0,740 0,176 Valid
X3.6 0,765 0,176 Valid
X3.7 0,738 0,176 Valid
X4.1 0,821 0,176 Valid
X4.2 0,800 0,176 Valid
X4.3 0,792 0,176 Valid
X4.4 0,773 0,176 Valid
X4.5 0,820 0,176 Valid
X4.6 0,677 0,176 Valid
X4.7 0,807 0,176 Valid
X5.1 0,780 0,176 Valid
X5.2 0,858 0,176 Valid
X5.3 0,840 0,176 Valid
Y1.1 0,776 0,176 Valid
Y1.2 0,623 0,176 Valid
Y1.3 0,767 0,176 Valid
Y1.4 0,807 0,176 Valid
Y1.5 0,847 0,176 Valid
Y1.6 0,758 0,176 Valid
Y1.7 0,761 0,176 Valid
Y1.8 0,725 0,176 Valid

Sumber: Data Primer diolah Spss 25

Tabel 5. Hasil Uji Realibilitas

No Variabel Cronbach’s Alpha R kritis Keterangan
1 Framing (X1) 0,751 0,60 Reliabel
2 Groupthink (X2) 0,872 0,60 Reliabel
3 Penghargaan Finansial (X3) 0,870 0,60 Reliabel
4 Nilai – Nilai Sosial (X4) 0,890 0.60 Reliabel
5 Pertimbangan Pasar Kerja (X5) 0,789 0,60 Reliabel
6 Minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19 (Y1) 0,892 0,60 Reliabel

Sumber: Data Primer diolah Spss 25

  • Uji realibilitas
  • Analisis regresi linear berganda- n

Tabel 6. Hasil Regresi Linier Berganda

Coefficients a
Model Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients T Sig. Collinearity Statistics
B Std. Error Beta Tolerance
1 (Constant) -.580 3.381 -.172 .864
totalx1 .332 .095 .320 3.482 .001 .471
totalx2 -.164 .065 -.253 -2.504 .014 .389
totalx3 .279 .119 .224 2.344 .021 .435
totalx4 .299 .130 .265 2.297 .023 .301
totalx5 .693 .222 .276 3.125 .002 .513

Sumber: Data Primer diolah Spss 25

Dari tabel diatas menunjukkan bahwa terdapat persamaan regresi linear berganda sebagai berikut:

Y = -0,580 + 0,332X1 – 0,164X2 + 0,279X3 +0,229X4 + 0,693X5

Dari persamaan linear berganda diatas, maka dapat di buat kesimpulan sebagai berikut:

  • Konstanta sebesar -0,580; artinya jika (X1) (X2) (X3) (X4) (X5) nilainya adalah 0, maka struktur modal (Y’) nilainya adalah -0,580.
  • Koefisien regresi variabel framing (X1) sebesar 0,332 artinya jika variabel independen lain nilainya tetap dan X1 mengalami kenaikan 1%, maka struktur modal (Y’) akan mengalami kenaikan sebesar 0,332.
  • Koefisien regresi variabel groupthink (X2) sebesar -0,164 artinya jika variabel independen lain nilainya tetapdan X2 mengalami kenaikan 1%, maka struktur modal (Y’) akan mengalami penurunan sebesar 0,164.
  • Koefisien regresi variabel penghargaan finansial (X3) sebesar 0,279 artinya jika variabel independen lain nilainya tetap dan X3 mengalami kenaikan 1%, makastruktur modal (Y’) akan mengalami kenaikan sebesar 0,279.
  • Koefisien regresi variabel nilai – nilai sosial (X4) sebesar 0,299 artinya jika variabel independen lain nilainya tetap dan X4 mengalami kenaikan 1%, maka struktur modal (Y’) akan mengalami kenaikan sebesar 0,299.
  • Koefisien regresi variabel pertimbangan pasar kerja (X5) sebesar 0,693 artinya jika variabel independen lain nilainya tetap dan X5 mengalami kenaikan 1%, maka struktur modal (Y’) akan mengalami kenaikan sebesar 0,693.

Tabel 7. Hasil Uji T

Coefficients a
Model Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients T Sig. Collinearity Statistics
B Std. Error Beta Tolerance
1 (Constant) -.580 3.381 -.172 .864
totalx1 .332 .095 .320 3.482 .001 .471
totalx2 -.164 .065 -.253 -2.504 .014 .389
totalx3 .279 .119 .224 2.344 .021 .435
totalx4 .299 .130 .265 2.297 .023 .301
totalx5 .693 .222 .276 3.125 .002 .513

Sumber: Data Primer diolah Spss 25

Berdasarkan tabel 10 diatas dapat dinyatakan bahwa hasil uji T sebagai berikut:

  • Variabel framing berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19, karena nilai signifikansi variabel framing sebesar 0,001 < 0,05.
  • Variabel groupthink berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19, karena nilai signifikansi variabel groupthink sebesar 0,014 < 0,05.
  • Variabel penghargaan finansial berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19, karena nilai signifikansi variabel penghargaan financial sebesar 0,021 < 0,05.
  • Variabel nilai – nilai sosial berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19, karena nilai signifikansi variabel nilai – nilai sosial sebesar 0,023 < 0,05.
  • Variabel pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19, karena nilai signifikansi variabel pertimbangan pasar kerjasebesar 0,002 < 0,05.

3. Pembahasan

Hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa framing berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemi covid-19. Pada hasil uji hipotesis, nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis pertama diterima.

Hal itu dikarenakan adanya jenis framing positive yang mempengaruhi mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam pemilihan karir sebagai auditor keuangan. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian, yang menyatakan bahwa framing berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir menjadi auditor internal organisasi syariah.

Hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa groupthink berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemi covid-19. Pada hasil uji hipotesis, nilai signifikansinya sebesar 0,014< 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis kedua diterima

Hal itu dikarenakan bahwa pengaruh kelompok itu dalam pemilihan karir sebagai auditor internal semakin tinggi, maka minat mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk memilih karir sebagai auditor internal semakin tinggi. Penelitian ini sejalan dengan penelitian, menunjukkan bahwa groupthink berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir menjadi auditor internal organisasi syariah.

Hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa penghargaan finansial berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemi covid-19. Pada hasil uji hipotesis, nilai signifikansinya sebesar 0,021 < 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis ketiga diterima.

Hal itu dikarenakan adanya persepsi mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjobahwa suatu karir sebagai auditor keuangan mempunyai penghargaan finansial yang besar, maka akan menaikkan minat mahasiswa akuntansi untuk memilih karir tersebut. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian, menunjukkan bahwa penghargaan finansial berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir menjadi auditor internal organisasi syariah. Hasil penelitian ini juga sesuai penelitian, yang menunjukkan bahwa penghargaan finansial berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa nilai – nilai sosial berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemi covid-19. Pada hasil uji hipotesis, nilai signifikansinya sebesar 0,023< 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis keempat diterima

Hal itu dikarenakan apabila suatu karir sebagai auditor keuangan dinilai baik oleh masyarakat, maka akan menaikkan minat mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk memilih karir tersebut. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian, menunjukkan bahwa nilai – nilai sosial berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik.

  • Pengaruh framing terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19.
  • Pengaruh groupthink terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19.
  • Pengaruh penghargaan finansial terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19.
  • Pengaruh nilai – nilai sosial terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19.
  • Pengaruh pertimbangan pasar kerja terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan pada masa pandemi covid-19.

Hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai auditor keuangan mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemi covid-19. Pada hasil uji hipotesis, nilai signifikansinya sebesar 0,002< 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis kelima diterima.

Hal itu dikarenakan apabila jaringan lowongan pekerjaan luas mengenai pekerjaan menjadi staf auditor keuangan, maka mahasiswa akuntansi banyak yang memiliki minat untuk memilih karir menjadi staf auditor keuangan. lai Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian, menunjukkan bahwa pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik.ai yanglai argaan finansialilai

IV. KE SIMPULAN

Berdasarkan uraian suatu hasil analisis data pada suatu penelitian ini, sehingga bisa ditarik kesimpulan pada suatu penelitian ini, antara lain:

  • Variabel nilai – nilai sosial mempunyai pengaruh terhadap minat dalam memilih karir menjadi seorang audit keuangan mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemi covid-19.
  • Variabel pertimbangan pasar kerja mempunyai pengaruh terhadap minat dalam memilih karir menjadi seorang audit keuangan mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masa pandemic covid-19.

UCAPAN TERIMA KASIH

Atas terselesaikannya penulisan skripsi penelitian ini saya sangat mengucapkan terima kasih banyak kepada:

  • Seluruh Ibu/Bapak dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang turut memberikan bimbingan serta pengarahan selama penulis sedang melakukan penelitian skripsi dan menuntut ilmu di universitas muhammadiyah Sidoarjo.
  • Kedua orang tua penulis dan keluarga yang telah memberikan doa, nasihat serta memberikan dukungan terhadap penulis.
  • Seluruh teman penulis yang turut memberikan dukungan serta motivasi terhadap penulis selama penulis sedang melakukan penelitian skripsi dan menuntut ilmu di universitas muhammadiyah Sidoarjo.

References

  1. A. Fatmasari and Suryadi, "Bagaimana Seharusnya Auditor Merespons Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Audit," 18 mei 2020. [Online]. Available: https://setjen.kemenkeu.go.id/in/post/bagaimana-seharusnya-auditor-merespons-dampak-pandemi-covid-19-terhadap-audit. [Accessed 19 januari 2021].
  2. E. A. Y. U. Badi'ah and N. A. Helty, "Pengaruh Framing, Groupthink, dan Penghargaan Finansial Terhadap Minat Untuk Memilih Karir Menjadi Auditor Internal Syari'ah," IAIN Surakarta, 2020.
  3. S. Hermawan and S. Biduri, Akuntansi Keperilakuan, Sidoarjo: Indomedia Pustaka, 2019.
  4. A. Lasmana and E. Kustiana, "Pengaruh Penghargaan Finansial, Nilai - Nilai Sosial, dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Pemilihan Karier Sebagai Akuntan Publik," Jurnal AKUNIDA, vol. 6, no. 1, pp. 39-51, 2020.
  5. S. Siregar, "Dampak Covid-19 Terhadap Tenaga Kerja Indonesia," Jurnal Ners, vol. 4, no. 2, pp. 21-29, 2020.
  6. R. Abdilla, "Akan Kuliah di Masa Pandemi? Berikut Jurusan - Jurusan yang Dibutuhkan," 13 desember 2020. [Online]. Available: https://tribunnews.com/amp/pendidikan/2020/12/13/akan-kuliah-di-masa-pandemi-berikut-jurusan-jurusan-yang-semakin-dibutuhkan. [Accessed 7 Juli 2021].
  7. R. Efendi and A. Taman, "Pengaruh Persepsi Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Nilai - Nilai Sosial, Lingkungan Kerja Terhadap Pemilihan Profesi Akuntan," Jurnal Profita, vol. 6, no. 7, 2018.
  8. N. N. Nana and R. Anim, "Pengaruh Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Pengakuan Profesional, Pertimbangan Pasar, Teman, dan Akuntan Publik (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah di IAIN Surakarta," IAIN Surakarta, 2017.
  9. S. Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS, Jakarta: Prenada Media, 2017.
  10. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.
  11. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
  12. I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivarate dengan Sess, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.
  13. S.Hadi, Analisis Regresi Linear Berganda, Yogyakarta: Andi Offsett, 2004.
  14. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.