Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Education

Vol 6 (2022): June

Basic School Students Mathematical Literation Abilities Through The Implementation of PAR (Preparation-Assistance-Reflection) Learning
Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pembelajaran PAR (Preparation-Assistance-Reflection)



(*) Corresponding Author
DOI
https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1666
Published
June 30, 2022

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, mengunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks masalah kehidupan sehari-hari secara efisien. Kemampuan ini mencakup penalaran matematis dan kemampuan menggunakan konsep-konsep matematika, prosedur, fakta dan fungsi matematika untuk menggambarkan, menjelaskan dan memprediksi suatu fenomena. Hal ini menuntun individu untuk mengnali peranan matematika dalam kehidupan dan membuat penilaian yang baik dan pengambilan keputusan yang dibutuhkan oleh penduduk yang konstruktif, dan reflektif. Pengertian ini mengisyaratkan literasi matematika tidak hanya pada penguasaan materi saja akan tetapi hingga kepada pengunaan penalaran, konsep, fakta dan alat matematika dalam pemecahan masalah sehari-hari.

References

  1. Danuri, ‘LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR’, LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR, 2018, 10
  2. Nixon, Delna, and Valarie L. Akerson, ‘Building Bridges: Using Science as a Tool to Teach Reading and Writing’, Educational Action Research, 12.2 (2004), 197–218 <https://doi.org/10.1080/09650790400200245>
  3. OECD, Pisa 2021 Mathematics Framework (First Draft), 2018 <https://www.upc.smm.lt/naujienos/smm/penkiolikmeciu-matematinis-rastingumas/GB-2018-4-PISA-2021-Mathematics-Framework-First-Draft.pdf>
  4. Pisa, The, Pisa 2015 Draft Mathematics Framework, 2015
  5. Sugiyono, Buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono Download Buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono, Buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono Download Buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono, 2012, I
  6. Aulia Nurutami dan Fariz Setyawan, ‘Kemampuan Literasi Matematika Siswa Bedasarkan Konten PISA’, Majalah Ilmiah Kependidikan, Vol 3 No 1 (2019), 11.
  7. Khoirudin, Ahmad, Dkk, ‘Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Proses Penyelesaian Soal Berbentuk Pisa’, Aksioma, Vol 8, No 2 (2017), 33.
  8. Nurkamilah, Milah, ‘Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Realistik Indonesia’, Jurnal THEOREMS, Vol 2, No 2, (2018), 70-79.
  9. Zed, Mustika. Metode Penelitian Kepustakaan. (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004).
  10. Khatibah, “Penelitian Kepustakaan”, Jurnal Iqra’, Vol.5, 2011
  11. OECD, ‘PISA 2014 Draft Analytical Frameworks’, PISA 2014 Draft Analytical Frameworks, May 2016, 2018, 1–170.
  12. PISA for Development Assessment and Analytical Framework’, OECD Publishing, 2017
  13. Faizah, D.U., dkk. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di SD. Jakarta: Kemdikbud
  14. Aminah, dkk. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kreativitas Melalui Pendekatan Open Ended Problems (OEP). Universitas Negeri Semarang
  15. Nugraha, R.S. (2016). Pengertian Literasi, Tinta Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia:http://www.tintapendidikanindonesia.com/2016/10/pengertian.
  16. Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA. PRISMA 1. 7 halaman (p. 170 -176).
  17. Mulidi, Achmad. (2016). Pengertian Literasi dan Perkembangannya, edukasi. Online: Kanal Informasi [Online]. Tersedia:http://www.kanalinfo.web.id/2016/11/pengertian-literasi-dan-perkembangannya.html
  18. Subaidah, Dkk. Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Ruang dan Bentuk. Jurnal Buana Matematika. Vol 7. No 1. (2017). 7-12.

Downloads

Download data is not yet available.