Effect Of Profitability, Liquidity And Sales Level On Income Growth With Company Size As Moderated Variables In Registered Consumption Sector Manufacturing Companies In Indonesia Exchange For 2016-2018 Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Tingkat Penjualan Terhadap Pertumbuhan Pendapatan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi Terdaftar Di Bursa Indonesia Tahun 2016-2018
- profitabilitas,
- likuiditas,
- tingkat penjualan,
- ukuran perusahaan,
- pertumbuhan laba
Copyright (c) 2021 Elisa Widya M, Eny Maryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract
This study aims to determine the effect of profitability, liquidity and sales level on profit growth with company size as a moderating variable in consumer sector manufacturing companies listed on the Indonesian stock exchange for the period 2016-2018. Previous studies have shown different results. Research needs to be done again to examine the effect of the three variables on profit growth by adding company size as a moderating variable. The population of this study is the consumer sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2018 period totaling 38 companies. Based on the purposive sampling criteria, there were 15 companies that met the research criteria. This study uses data analysis testing SmartPLS 3 . The results showed that profitability, liquidity and sales levels had no effect on profit growth. Company size as a moderating potential variable on the effect of profitability, liquidity and sales level on profit growth.
Downloads
Metrics
References
- Rahardjo. 2007. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Financial Leverge, Klasifikasi Kap Dan Likuiditas Terhadap Pertembuhan Laba.” Diponegoro Journal of Accounting.
- Kasmir. 2014. Analisis laporan keuangan. Edisi pertama. PT. Rajagrafindo Persada.
- Takarini, Nurjanti, and Erni Ekawati. 2003. Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Pasar Modal Indonesia". Jurnal Riset Akuntansi Indonesia.
- Agustina, R. (2016). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6(1), 85–101.
- Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. “Standar Akuntansi Keuangan- IAI Global.” IAI Global.
- I Made Sukarta. 2003. “Ethnic and Cultural Diversity by Country.” Journal of Economic Growth.
- Agustina, R. (2016). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6(1), 85–101.
- Weston, dan Copeland. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi ke 1. Erlangga.
- Simamora, Meilanny. 2018. “Analysis of Financial Ratio of Growth Profit with Company Size as a Variable Moderating in Companies Consumer Goods Who Are Registered in Indonesia Stock Exchange.” Journal of Public Budgeting, Accounting and Finance.
- Sugiyono, Prof.Dr. 2017. Metode penelitian bisnis. Diedit oleh M.Si. Sofiya yustiyani suryandari, S.E., Alfabeta,bandung. www.cvalfabeta.com.
- Kasmir. 2016. Analisis laporan keuangan. Edisi pertama. PT. Rajagrafindo Persada.
- Harahap. 2009. Pengaruh Profitabilitas dan Tingkat penjualan Terhadap Pertumbuhan Laba PT. UNILEVER TBK.
- Kusuma, dan Roekhuddin. 2008. Pengaruh Tangibility , Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, vol. 10. No. 1, hal. 13–22.
- Rusmanto, Toto. 2011. “The Effects of Clients’ Characteristics on Auditor Independence: A Perceptual Study.” International Journal of Economics and Financial Issues.
- Rodoni, Herni. 2010. “Pengaruh Board Size, Leverage, Dan Kualitas Audit Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Keuangan dan Perbankan.
- Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT. Rineka Cipta.
- Sartono. (2010). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Cetakan Keempat. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
- Salmah, Ninin Non Ayu, and Sri Ermeila. 2019. “Determinan Pertumbuhan Laba Perusahaan Perdagangan Eceran Berdasarkan Rasio Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaaya 16(2): 122–31.
- Mahfud Sholihin, Ph dan Dr Ratmono, Dwi. 2013. Analisis SEM-PLS dengan Wrap PLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis”. Andi Offset.
- Kusnandar, Deasy Lestary. 2017. “Pengaruh Green Marketing Terhadap Pengembalian Keputusan Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Performance 24(1): 13.
- Handayati, Ratna. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Di Pong-Pong Cafe Lamongan.” Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntasi I(3): 171–80.
- Bryan, and Eddy Haryadi. 2018. “Analisis Pengaruh Variabel Moderasi Switching Costs Terhadap Hubungan Service Performance Dan Customer Loyalty Member Celebrity Jakarta.” Jurnal Manajemen 15(1): 52–71.
- Sharma, Subhash, Richard M Durand, and Obed Gur-Arie. 1981. “Identification and Analysis of Moderator Variables Vol. XVIII (August 1981), 291-300 .” Marketing Research XVIII: 291–300.
- Brigham, Eugene F., and Joel F. Houston. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan : Assetials Of Financial Management. Salemba Empat.
- Sunaryo, B. A., & Mahfud, H. M. K. (2016). Pengaruh Size, Profitabilitas, Leverage Dan Umur Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI TAHUN 2010 – 2013). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–14.