Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer
Communication
DOI: 10.21070/acopen.9.2024.4864

Promotion Analysis of Mooika Beauty Body Scrub Products Through Tiktokshop


Analisis Promosi Produk Body Scrub Mooika Beauty Melalui Tiktokshop

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

TikTokshop Mooika Beauty Body Scrub Digital Marketing Promotional Strategies

Abstract

This study aims to analyze the promotion of Mooika Beauty's Body Scrub through TikTokshop, employing a qualitative research method. Data collection involved observation and documentation focused on the @moikabeautyofficial TikTokshop account. Utilizing 17 TikTokshop features, the study found optimal utilization in 15 features, with story and highlight features being underutilized. The application of the 7Ps marketing mix revealed comprehensive communication strategies. This research contributes to a deeper understanding of effective promotional practices on TikTokshop and provides insights for marketers seeking to enhance their product promotion strategies in the digital era.

Highlights :

  • TikTokshop Utilization: Examines the optimal use of TikTokshop features for promoting Mooika Beauty's Body Scrub, shedding light on effective digital marketing strategies.
  • Qualitative Analysis: Utilizes a qualitative research method to analyze the promotional tactics employed on TikTokshop, providing in-depth insights into the dynamics of online product promotion.

  • 7Ps Marketing Mix: Investigates the application of the 7Ps marketing mix, emphasizing the importance of a comprehensive approach in communication strategies for successful product promotion.

Keywords: TikTokshop, Mooika Beauty, Body Scrub, Digital Marketing, Promotional Strategies

Pendahuluan

Seiring berkembangnya zaman, teknologi saat ini makin melesat. salah satunya bentuk komunikasi yaitu melaksanakan promosi supaya pedagang dan customer bisa dengan sigap serta mudah menjalankan transaksi. Promosi merupakan strategi yang berhasil menggerakkan benak konsumen dalam jangka waktu pendek, baik bentuk uang ataupun barang.[1] Saat ini kegiatan berpromosi pada media sosial semakin berkembang dengan keluarnya berbagai macam platform, seperti adanya Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya, Salah satunya yang cukup populer yaitu tiktokshop. Dengan adanya sosial media tiktok di Indonesia yaitu salah satu teknologi yang berkembang sangat cepat, kehadiran media sosial dengan berbagai fungsi dan fitur dengan kegunaannya yang sangat canggih. [2]

Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk pembuatan video musik singkat dengan kreatif setiap individu, memposting foto atau menunjukkan eksistensi diri serta memulai sebuah bisnis. Social media atau dalam bahasa Indonesia yaitu media untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif atau dua arah. Menurut Kaplan dan Haenlein (2010) Media social sebagai kelompok media dalam internet berbabis aplikasi yang membangun fondasi ideologi dan teknologi web 2.0. Teknologi web 2.0 memungkinkan dua arah percakapan antara produsen konsumen secara interaktif. [3] Kini tiktok memiliki fitur terbaru yaitu fitur belanja online yang disebut Tiktokshop yang bisa menjual atau membeli produk apapun. Menurut KOMPAS.com Tiktokshop muncul di Indonesia pada April 2021 lalu. Sederet News menjelaskan bahwa fitur Tiktokshop ini mempunyai potensi yang relative besar, mengingat persentase pengguna tiktok yang membeli produk serta layanan sesudah melihat iklan mencapai 49% Melalui fitur tiktokshop. Kemudian dari data statistik pengguna tiktok pada tahun 2021 mencapai 4, 14 Juta. Dimana 59% diantaranya adalah pengguna perempuan serta 39% lainnya pengguna laki-laki, dari 4,14 juta pengguna 60% antara lainnya berusia 16 hingga 24 tahun. [4]

Perbedaan promosi menggunakan Instagram dan menggunakan tiktokshop yakni sangatlah berbeda, jika menggunakan fitur tiktokshop ini proses chekout relatif mudah dan memiliki discount besar-besaran bagi pengguna tiktok. Sehingga tidak perlu lagi mengeluhkan biaya kirim yang besar, karena penjual dan pembeli akan sama-sama diuntungkan menggunakan tiktokshop. hal ini juga menjadi promosi tiktok pada fitur tiktokshop guna para pengguna tiktok tertarik untuk membeli produk di tiktokshop dan pengguna tiktok bisa berbelanja via tiktok, tanpa harus pindah ke aplikasi lainnya untuk melunasi transaksi pembelian produk apapun. Sedangkan menggunakan Instagram proses berbelanja online masih menggunakan website, produk yang akan di chekout harus ditambah ke keranjang terlebih dahulu, kemudian agar bisa checkout, customer login Facebook terlebih dahulu. Kemudian untuk pembayarannya belum bisa sistem COD (Cash On Delivery) dan hanya bisa melalui Gopay dan VA (Virtual Account). Maka dari itu sebagian besar tiktokshop ini digunakan oleh UMKM atau olshop untuk mempromosikan produk yang dijual. Adapun analisis promosi yang dilakukan oleh akun tiktokshop @moikabeautyofficial. [5]

Adapun Keunggulan dari body scrub mooika beauty yaitu body scrub yang diformulasikan dengan kandungan collagen dan arbutin, selain itu efektif untuk mengangkat sel kulit mati juga berfungsi untuk mencerahkan kulit, memudarkan noda hitam yang ada dikulit, membuat kulit lebih elastis atau kenyal dan mencegah keriput pada kulit. selain itu harga body scrub mooika ini hanya Rp. 45.000. [6] dengan harga terjangkau body Scrub ini sudah berBPOM, aman untuk ibu hamil dan memiliki aroma vanila candy. Alasan peneliti memilih produk body scrub mooika beauty karena produk ini eksis dikalangan remaja, dengan harga terjangkau sudah memiliki sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan sebagai objek.

Keunggulan tiktokshop yakni tidak lagi butuh marketplace karena platform sudah digabung dengan aplikasi media sosial dan memiliki 2 fungsi dengan menggunakan satu aplikasi. Tiktokshop juga memiliki lebih banyak gratis ongkir atau voucher dan Potongan harga. Fitur yang ada di tiktokshop kini jadi peluang bagi small bisnis dan brand untuk memperluas jangkauan sehingga dapat kesempatan untuk menarik pelanggan agar omset small bisnis lebih banyak omsetnya. Promosi akan meningkat jika berhasil menyampaikan kepada konsumen, tanpa adanya promosi akan sulit sampai pada konsumen, seperti adanya strategi discount tidak akan diketahui oleh konsumen jika tidak melakukan promosi. Diferensiasi produk tidak akan dikenal baik oleh konsumen jika tidak di promosikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui promosi produk body scrub mooika melalui fitur-fitur dan marketing mix 7p yang terdiri dari Produk, price, place, promotion, patnership, public dan Policy pada akun tiktokshop @moikabeautyofficial.[7]

Metode

Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. [8] Penelitian ini menjelaskan tentang promosi produk body scrub mooika beauty melalui titokshop. Penelitian ini juga menggambarkan bahwa promosi yang dilakukan oleh produk Body scrub mooika beauty menggunakan fitur-fitur yang sudah tersedia. Tujuan dari penelitian kualitatif merupakan untuk mengungkapkan segala fenomena yang terjadi dan fakta ataupun sebuah realita pada suatu persoalan ekslusif, bukan untuk mencari sebab akibat dalam suatu masalah.[9] Metode penelitian kualitatif ini tidak menggunakan hipotesa namun untuk menjelaskan promosi body scrub mooika beauty melalui Tiktokshop. Penelitian ini fokus pada akun @moikabeautyofficial,[10] menggunakan data primer dan sekunder sebagai bentuk jenis dan sumber datanya, kemudian teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumen dan observasi dan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dari penelitian yaitu promosi produk body scrub mooika beauty melalui tiktokshop @moikabeautyofficial memanfaatkan 17 fitur di tiktokshop yang digunakan sebagai media social marketing atau promosi. Dengan Secara optimal yang digunakan hanya 15 fitur yaitu terdiri dari Profil, Feed, Follow, Chat, Customer Reviews, Product Description, Payment Method, Standard Shipping, Live, Komentar, Hastag, Caption, Unggahan/Postingan, Like, Share sedangkan 2 fitur Story dan Highlight belum dimanfaatkan secara maksimal. Proses perencanaan marketing yang berfokus pada pelanggan bahwa perhatian terhadap elemen marketing mix yang diartikan dengan elemen marketing mix dalam sosial marketing yang terdiri dari product, price, place, promotion, policy dan partnership policy. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilakukan langsung oleh peneliti melalui akun tiktokshop @moikabeautyofficial.

Product : Produk body scrub mooika beauty yaitu body scrub yang memiliki kandungan collagen dan arbutin yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit menjadi cerah, anti-aging, mengatasi kulit kusam, menjaga kulit dari radiasi sinar UV dan memudarkan noda hitam pada kulit, sedangkan produk lain memiliki beberapa varian aroma untuk mendapatkan semua manfaat yang dimiliki oleh produk body scrub mooika beauty ini. Produk body scrub mooika baru-baru ini menggunakan tiktokshop sebagai media promosi, dengan adanya tiktokshop produk body scrub mooika ini lebih diketahui oleh pengguna tiktokshop. Dengan adanya fitur-fitur yang ada di tiktokshop produk body scrub mooika cukup menarik pelanggan. Produk ini menggunakan fitur customer review, profil, product description dan feed pada akun tiktokshopnya, sehingga pelanggan mengetahui bahwa produk ini layak untuk di order.

Price : Body scrub mooika menawarkan produk dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 45.000 (empat puluh lima ribu rupiah). Akun tiktokshop @moikabeautyofficial ini juga menggunakan fitur yang tersedia yaitu payment method dan standard shipping, customer dapat membayar ditempat dan mengetahui estimasi sampainya produk ketangan customer dan akun tiktokshop @moikabeuatyofficial ini juga memberikan discount dan harga bundling yang lebih terjangkau seperti beli 2 body scrub customer cukup membayar Rp. 68.000 (enam puluh delapan ribu rupiah), dengan menggunakan 2 fitur tersebut, agar customer lebih tertarik untuk mendapatkannya.

Place :Produk body scrub mooika memberikan informasi pada konsumen dari mana dikirimnya produk tersebut dengan menggunakan fitur live, caption dan komentar agar customer mengetahui lokasi body scrub mooika tersebut.

Promotion : Produk body scrub mooika ini menggunakan akun tiktokshop sebagai social media marketing, dengan menggunakan Brand Ambasador (BA) yang memiliki nama akun @zarazellova yaitu salah satu Brand Ambasador (BA) dari Garuda Indonesia yang sekarang juga menjadi Brand Ambasador (BA) produk body scrub Mooika Beauty, kemudian menggunakan jasa seleb tiktok seperti akun @heiyje, @cancakweh dan @erikamoucin15 kemudian membuat video yang untuk diungguh. Akun @mooikabeautyofficial ini juga menggunakan beberapa fitur yang tersedia ditiktokshop seperti postingan, hastag #fyp, follow, like dan juga share. Dengan menggunakan fitur tersebut produk body scrub mooika dapat diketuhui oleh pengguna lainnya.

Public :Produk body scrub mooika juga memiliki perizinan atau disebut BPOM (Badan Pengawas Obat dan makanan), serta memiliki target customer dengan membalas chat via akun tiktokshop @moikabeautyofficial, sehingga dapat menambah customer baru.

Partnership : Produk body scrub melakukan kerjasama dengan distributor dan resellernya, dengan adanya kerjasama ini akan sangat baik untuk mempromosikan produk body scrub mooika beauty ini. Kerjasama ini juga memiliki tujuan sama dengan pihak pelaksanaan kerjasamanya, sehingga dapat menjalinkan kerjasama yang saling menguntungkan.

Policy :Kebijakan yang dimiliki oleh produk body scrub ini, menjadikan para distributor, reseller dan juga customer lebih mudah mendapatkan produknya sehingga pengguna lain juga bisa menilai produk tersebut.

Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa 15 fitur yang digunakan sudah tepat dan maksimal dalam penggunaannya, yang digunakan oleh akun tiktokshop @moikabeautyofficial sebagai social media marketing dengan menggunakan 7P :

1. Product

Produk body scrub mooika beauty memiliki perbedaan yang sangat jauh dari produk lainnya, yaitu perbedaan manfaat. Manfaat yang dimiliki oleh produk body scrub mooika beauty ini sudah mencakup manfaat dari beberapa varian produk lainnya. Produk body scrub mooika beauty juga menggunakan fitur-fitur yang ada ditiktokshop sehingga cukup menarik pelanggan. Produk ini menggunakan fitur customer review, profil, product description dan feed pada akun tiktokshopnya, sehingga pelanggan mengetahui bahwa produk ini layak untuk di order.

2. Price

Akun tiktokshop @moikabeautyofficial ini juga memberikan harga Bundling yang cukup terjangkau seperti membeli 2 produk body scrub mooika beauty hanya membayar Rp.68.000 dari harga Rp.90.000. Akun @mooikabeautyofficial juga menggunakan fitur yang tersedia yaitu payment method dan standard shipping, customer dapat membayar ditempat dan mengetahui estimasi sampainya produk ketangan customer.

3. Place

Akun tiktokshop @moikabeautyofficial menggunakan fitur live, caption dan komentar agar customer mengetahui lokasi body scrub mooika tersebut.

4. Promotion

Produk body scrub mooika beauty ini menggunakan brand Ambasador dan seleb tiktok untuk mempromosikan produk tersebut. Dengan adanya fitur yang tersedia ditiktokshop seperti postingan, hastag #fyp, follow, like dan juga share. Dengan menggunakan fitur tersebut produk body scrub mooika dapat diketuhui oleh pengguna lainnya.

5. Public

Produk body scrub mooika juga memiliki perizinan atau disebut BPOM (Badan Pengawas Obat dan makanan).

6. Partnership

Produk body scrub melakukan kerjasama dengan distributor dan resellernya dengan adanya kerjasama ini akan sangat baik untuk mempromosikan produk body scrub mooika.

7. Policy

Kebijakan yang dimiliki oleh produk body scrub ini, menjadikan para distributor, reseller dan juga customer lebih mudah mendapatkan produk tersebut.

Sedangkan 2 fitur yang tidak digunakan atau tidak dimanfaatkan oleh akun tiktokshop @moikabeautyofficial sebagai social media marketing yakni :

a. Story

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memposting video atau foto yang akan menjadi video hanya dengan ketentuan 15 detik dan bertahan selama 24 jam, kemudian postingan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

b. Highlight

kumpulan gambar maupun video yang pernah pada unggah sebelumnya video yang ada di feed tiktokshop, dengan adanya Highlight Story ini maka admin dapat membuat sebuah album menggunakan kategori juga topik yg berbeda pada setiap postingan.

References

  1. H. Reinaldi, "10 Aplikasi Media Sosial Terpopuler di Dunia, Paling Banyak Digunakan," 2022. [Online]. Available: https://telset.id/apps/aplikasi-media-sosial-populer/
  2. U. Rayana, "Meski Indonesia Salah Satu Pengguna TikTok Terbesar, Bytedance Pilih Singapura sebagai Sasaran Investasi," 2020. [Online]. Available: https://selular.id/2020/09/meski-indonesia-salah-satu-pengguna-tiktok-terbesar-bytedance-pilih-singapura-sebagai-sasaran-investasi/
  3. D. J. Priansa, "Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial." Bandung, 2017.
  4. K. R. Pratama, "TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga pada 2022," 2022. [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2022/01/03/08070077/tiktok-diprediksi-jadi-medsos-terbesar-ketiga-pada-2022?page=all
  5. T. Hartono, "Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website," 2021. [Online]. Available: https://www.dewaweb.com/blog/cara-mengaktifkan-instagram-shopping/
  6. S. Tansil Tan, et al., "Community Service: Safe, Effective, and Beneficial Skincare Counseling for Kalam Kudus II Jakarta High School Students," Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 4, pp. 120-128, 2022.
  7. R. Lupioadi-A. Hamdani, "Manajemen Pemasaran Jasa." Jakarta, 2006.
  8. M. H. Herdiansyah, "Wawancara, Observasi, dan Focus Groups sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif." 2013.
  9. M. Prof Dr. L.J. Moleong, "Metodologi Penelitian Kualitatif." Bandung, 2007.
  10. A. Pastowo, "Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif." Jogjakarta, 2007.