Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer
Business and Economics
DOI: 10.21070/acopen.8.2023.4100

Communication in Employee Productivity in Transportation Service Companies


Komunikasi dalam Produktivitas Kerja Karyawan pada Perusahaan Layanan Transportasi

Unniversitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Communication Employee productivity Goods delivery services Descriptive study PT Djuta Cross Nusa.

Abstract

The purpose of this study is to know the communication in employee productivity. The company was examined by the author a company engaged in the field of providing goods delivery services. This research is a type of descriptive using quantitative methods. Data retrieval techniques are spreading questionnaires to 50 respondents who are employees of the driver at PT Djuta Cross Nusa. Analysis techniques that use the SPSS program (statistical program for social science) version 21 for Windows. The results of this study, namely communication have an important influence on the achievement of the success of the company, namely between employees of Driver and PT Duta cross Nusa.

Highlights:

  • Communication significantly impacts employee productivity in goods delivery services.
  • Effective communication enhances the success of the company, particularly between drivers and PT Djuta Cross Nusa.
  • Understanding the role of communication can lead to improved performance and operational efficiency in the delivery services industry.

Keywords: Communication, Employee productivity, Goods delivery services, Descriptive study, PT Djuta Cross Nusa.

Pendahuluan

Dalam menjalankan perkembangan perusahaan, SDM memiliki pengaruh penting Karena dengan memiliki SDM yang berkualitas sebagai penggerak yang berfungsi sebagai aset dikembangkan. Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang menyediakan layanan khusus bagi para customer yang membutuhkanan jasa. Salah satunya PT Duta Lintas Nusa yang bergerak dibidang akomodasi penyediaan jasa angkutan barang. PT Duta Lintas Nusa dapat beroperasi sesuai dengan permintaan antar perusahaan yang membutuhkan jasa kirim barang. Sehingga membutuhkan karyawan driver sebagai peran utama untuk menggerakkan operasional. Perusahaan PT Duta Lintas Nusa bergerak dibidang jasa yang mengutamakan kepercayaan.

Bergerak di bidang transportasi jasa pengiriman barang, untuk menjalankan operasionl perusahaan, PT Duta Lintas Nusa mengutamakan komunikasi. Karena kᴏmunikasi merupakan dapat memberikan informasi secara Iangsung atau tidak langsung [1]. Sehingga komunikasi dapat memudahkan seseᴏrang dalam memiliki berhubungan untuk membangun ᴏrganisasi yang di harapkan. Apalagi dalam mencapai tujuan dibutuhkanya komunikasi sebagai peran yang efektif [2]. Namun dalam melaksanakan, terdapat kendala di lapangan komunikasi antara karyawan driver dengan atasan sering terjadi miskomunikasi. Miskomunikasi sering terjadi pada atasan dan bawahan dikarenakan minimnya pemahaman. Padahal sebelum melakukan tugasnya para driver melakukan persiapan (breefing), namun masih terjadi miskomunikasi dilapangan. Hal ini diakibatkan kurangnya pendekatan antara atasan dan bawahan. Maka dari itu penulis melakukan penelitian dengan judul komunikasi dalam produktivitas kerja karyawan driver padaPT Duta Lintas Nusa di Kabupaten Pasuruan.

Komunikasi

Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi melalui dua orang atau lebih dalam mencari informasi.

proses penyaluran suatu informasi, ide, pengertian dari seseorang kepada orang lain dengan harapan orang lain tersebut

dapat menginterprestasikan sesuai dengan tujuan yang diharapkan [3]. komunikasi sebagai proses penyampaian suatu pesan oleh sesorang kepada orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik langsung secara lisan maupun tidak langsung melalui media. Komunikasi sebagai bentuk dari suatu informasi yang akan di sampaikan kepada penerima informasi baik secara verbal maupun non verbal [4]. Sehingga komunikasi dapat dijalankan secara tepat melalui indikator komunikasi sebagai berikut.

a) Keterampilan (skills) saat menyampaikan informasi kepada komunikan;

b) Sikap (attitude) dalam memberikan komunikasi perlu adanya sikap yang dapat diterima dengan baik;

c) Pengetahuan atau wawasan (knowledge), secara luas dapat memberikan informasi secara jelas dan tidak membingungkan;

d) Media saluran yang digunakan akan mempermudah dalam penyampaikan informasi.

Produktivitas kerja Karyawan

Produktivitas kerja merupakan perbandingan yang dimiliki baik secara perorangan ataupun tim dalam organisasi tersebut produkivitas adalah hubungan antara keluaran (barang-barang atau jasa) dengan masukan (tenaga kerja, bahan, uang) [4]. Produktivitas kerja karyawan menentukan keberhasilan individu dalam mengerjakan tugasnya yang bisa dilihat dari segi dimensi keterikatan, keahlian merencanakan, daya usaha dalam pekerjaan dan produktivitas kerja karyawan secara keseluruhan [5]. produktivitas adalah bagaimana menghasilkan atau meningkatkan hasil barang dan jasa setinggi mungkin dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien [6].

Metode Penelitian

Untuk mengetahui lebih dalam komunikasi dalam produktivitas kerja karyawan penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif [7]. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh sampel sebanyak 50 karyawa driver. Teknik pengumpulan data melalui angket atau penyebaran kuisioner, observasi dan dokumentasi [8] Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji Heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas

Hasil dan Pembahasan

Komunikasi Dalam Produktivitas Kerja Karyawan Driver

Komunikasi dapat memberikan pengaruh secara signifikan kepada karyawan driver melalui skills karyawan saat menyampaikan informasi secara jelas. Kemudian Attitude yang dibangun oleh karyawan dan perusahaan menjadi lebih baik. Selain itu, knowladge karyawan driver bertambah dengan melakukan pelatihan khusus yang teah diberikan oleh peusahaan. Sehingga para karyawan driver lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya. Serta Media saluran yang digunakan oleh perusahaan secara langsung dan tidak langsung. Artinya, PT Duta Lintas Nusa bersama karyawan driver melakukan komuniksi secara baik. Apalagi perusahaan di bidang jasa mngutamakan kepercayaan dan amanah. Hal ini di dukung oleh adanya hubungan komunikasi antara perusahaan dan karyawan bisa sejalan. Hasil penelitian ini didukun oeleh penelitian yang dilakukan oleh Nurmaidah Ginting, Dita Anggraeni Sitompul, Nanci irryanti) menyatakan bahwa komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap produktifitas kerja Karyawan [9]. Hal ini sesuai. Bahwa produktivitas merupakan ukuran efisiensi produktif bagi karyawan maupun perusahaan [10]. Suatu perbandingan antara hasil keluaran dan masukan [8]. Masukan sering dibatasi dengan tenaga kerja, sedangkan keluaran diukur dalam kesatuan fisik, bentuk, dan nilai. Jika antara keluaran dan masukan bisa berjalan dengan selaras maka tujuan perusahaan dapat dicaapi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemui variabel komunikasi yang paling memberikan pengaruh pada karyawan driver di PT Duta Lintas Nusa.

Simpulan

Adanya komunikasi yang baik berpengaruh penting dalam produktivitas kerja karyawan driver, dapt membantu menyampaikan informasi baik dari karyawan kepada atasan maupun dari atasan kepada bawahan. Hal ini sesuai dengan indikator komunikasi bahwa proses penyampaian informasi dapat bermanfaat agar karyawan driver melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.Jika ada kendala dilapangan bisa langsung di sampaikan sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih besar atau miskomunikasi.

Adapun saran yang diberikn penulis yaitu dibutuhkan Seperti memberikan HT atau alat teknologi komunikasi yang bisa terhubung secara khusus. Ketika driver mendapat masalah saat pengiriman barang. Baik gangguan signal maupun pertolongan secara cepat dan tanggap. Serta disarankan para karyawan driver meningkatkan rasa dukungan terhadap kemajuan perusahaan. Baik menjaga amanah pengiriman barang maupun sikap agar bisa mencapai tujuan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan karyawan.

References

  1. Pengaruh Pengawasan dan Komunikasi Terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Zhafira Tetap Jaya Medan. 2018.
  2. Simamora.,F. N. Pengaruh Komunikasi Dan Kemampuan Sumer Daya Manusia Terhadap Efektiitas Kerja Pegawai Kantor Camat Sibolga Sambas Kota Sibolga. ISSN : 1829 -7463. 2018.
  3. Suherman, H. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.Selaras Karya Raya. Volume 2 No.1. 2018.
  4. Iswadi, U. 2020. PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA PT. ISS CABANG CILEGON. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4), 602-608.
  5. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandug CV. Alfabeta.
  6. Fitriano, A., Chandra, R., Gunawan, A., Jovita, J., Risliana, R., & Sari, Y. I. (2020). PENGARUH STRES KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOMUNIKASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. NATIONAL SUPER. Warta Dharmawangsa, 14(1).
  7. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : CV. Alfabeta.
  8. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
  9. Purwaliestanty, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Pegawai Pada PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara Medan.
  10. Situmorang, R. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Komunikasi dan Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Furniplus Asia (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).