Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer
Engineering
DOI: 10.21070/acopen.5.2021.2068

Firework Launcher Application System In Dangdut Orches Show Using Arduino Based On Android


Sistem Aplikasi Pemantik Kembang Api (Firework Launcher Application System) Pada Pertunjukan Orkes Dangdut Menggunakan Arduino Berbasis Android

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

arduino android fireworks lighter application system

Abstract

One of the current trending phenomena is performances or celebratory activities that are enlivened by lighting fireworks. The ignition of fireworks is usually done using a remote firework lighter (firing system) or even manually if the lighter is having problems/not working. It is still possible for operator accidents to be burned by fireworks. In addition to security issues, remote fireworks lighters are quite expensive. Therefore, to avoid security problems and the relatively high price, it is necessary to create or build a firework launcher system that is safe and inexpensive. The purpose of this study is to create a firework launcher application system for dangdut orchestra performances using an Android-based Arduino. In this study, an application has been produced that can make it easier for operators of fireworks lighters in dangdut orchestras to light fireworks more safely and cheaply. This application has been running smoothly and without problems. The benefit of this research is that the results of this application design can be used as a reference for other related research in the future.

I. Pendahuluan

Salah satu fenomena yang trend saat ini adalah pertunjukan atau kegiatan perayaan yang disemarakkan dengan menyalakan kembang api. Pertunjukan musik atau orkes dangdut, pameran, atau perayaan awal tahun baru seringkali dilakukan dengan menyalakan kembang api atau petasan. Namun demikian, penggunaan kembang api atau petasan dalam pagelaran musik atau perayaan lain bukan berarti tidak mengandung resiko.

Permasalahan yang seringkali terjadi adalah kecelakaan teknisi atau operator yang terbakar saat menyalakan kembang api. Penyalaan kembang api biasanya dilakukan menggunakan remote pemantik kembang api (firing system) atau bahkan secara manual apabila pemantiknya mengalami masalah/tidak berfungsi. Penggunaan remote pemantik kembang api (remote firework launcher) tidak dapat dilakukan dalam jarak yang cukup jauh dikarenakan masih dibutuhkan kabel penghubung antara pemantik dan kembang api.

II. Metode Penelitian

Penelitian yang dilakukan oleh penulis mengambil lokasi di Desa Jasem RT 05 RW 04 Kec. Ngoro Kab. Mojokerto

Teknik pengumpulan data adalah langkah yang sangat strategis dalam sebuah penelitian, karena tujuan utama dalam penelitian adalah mendapatkan data (Sugiyono, 2005). Teknik pengumpulan data sangat diperlukan dalam suatu penelitian sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam menyusun tugas akhir, beberapa di antaranya adalah studi pustaka. Studi pustaka/literatur merupakan langkah yang dilakukan peneliti untuk mendapatkan referensi dalam membantu dan memudahkan penelitian yang dilakukan. Dalam hal ini pustaka yang digunakan oleh peneliti berasal dari berbagai sumber, baik secara lisan maupun tulisan yang memiliki keterkaitan dengan masalah yang diteliti.

  • Lokasi dan Waktu Penelitian
  • T eknik Pengumpulan Data
  • Tahap Perancangan Sistem

Pada bagian ini diberikan penjelasan mengenai tahap-tahap perancangan pembuatan sistem. Berikut tahap-tahapnya:

Gambar 3. Cara KerjaSistem

Gambar 1. Flowchart

Gambar 2. Diagram Alur

III. Hasil dan Pembahasan

Hasil pengujian sistem aplikasi pemantik kembang api menggunakan arduino berbasis android. Sistem ini hanya dapat dijalankan pada smartphone android. Setiap tampilan memiliki kegunaan/fungsi tersendiri yang berbeda-beda sesuai dengan rancangan sistem yang telah dibuat. Berdasarkan hasil uji coba terhadap setiap fungsi aplikasi yang dijalankan, tidak terjadi kendala sedikit pun.

  • Hasil Penelitian
  • Pembahasan

Pada halaman utama aplikasi ini terdapat beberapa tombol untuk mengakses atau difungsikan untuk mengoperasikan aplikasi.

Control Menu merupakan menu inti pada aplikasi firework launcher dimana pada menu ini ditampilkan beberapa tombol yang berfungsi untuk menyalakan kembang api pada panggung dimana di panggung terdapat empat peluncur kembang api.

.

Menu Panduan yang berisi tentang bagaimana cara mengoperasikan aplikasi ini.

Menu Informasi yang berisi tentang deskripsi aplikasi ini.

Tampilan menu utama sebelum user masuk ke menu kontrol, lampu indikator di relay akan menyala semua.

Tampilan saat bluetooth belum dinyalakan. Di bawah tombol bluetooth ada notif warna merah, dan relay masih nyala semua.

Tampilan menu device bluetooth, saat tombol bluetooth ditekan. Di sini kita memakai bluetooth HC-05.

  • Design User Interface
    • Halaman Utama Aplikasi
    • Bluetooth dan Menu Kontrol
    • Halaman Menu Panduan
    • Halaman Menu Informasi
  • Pengujian Konektivitas Aplikasi terhadap Relay Pada Arduino
    • Tampilan Menu Utama
    • Tampilan Saat Bluetooth Belum di Koneksikan
    • Tampilan Menu Device Bluetooth
    • Tampilan Saat Tombol Launcher di Tekan

Saat tombol Launcher ditekan, maka lampu IN1 di Relay akan menyala.

IV. KUTIPAN TEXT DAN ARTIKEL DAN DAFTAR REFRENSI

Memungkinkansuatu program atau peranti lunak yang dibuat oleh suatu system computer dapat dijalankan dalam system computer yang sama sekali berbeda. [1]

Android adalah software untuk perangkat mobile yang mencakup system operasi, middleware dan aplikasi kunci. [2]

Spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi tanpa kabel.[3]

Arduino adalah system operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya dibawah lisensi Apache. [4].

Adalah compiler untuk bahasa pemograman C yang nantinya digunakan untuk memprogram mikrokontroller. [5]

Sebuah software simulasi yang sekaligus untuk mendesain rangkaian dan PCB. [6]

Dengan APP Inventor pengguna dapat membuat aplikasi mulai dari yang sederhana hingga aplikasi yang kompleks. [7-9]

  • Emulator
  • A ndroid
  • B luetooth
  • Arduino
  • CodeVisionAVR
  • Proteus
  • APP Invent or
  • Relay Modul

Dapat digunakan sebagai switch untuk menjalankan berbagai peralatan elektronik. [10]

V.KESIMPULAN

Penulisan laporan skripsi ini berisi mengenai pembuatan program Aplikasi Pemantik Kembang Api Pada Pertunjukan Orkes Dangdut Menggunakan Arduino Berbasis Android. Aplikasi ini dibangun menggunakan MIT APP Inventor. Untuk menjalankannya pada HP android, aplikasi ini harus di- eksport dahulu dalam bentuk Apk

References

  1. Divisi Litbang Madcoms. 2018. Memanfaatkan Aplikasi Pendukung Android pada Sistem Operasi Windows. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  2. Firly, Nadia. 2018. Create Your Own Android Application. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  3. Gumilar, Rully. 2008. Pemantik Kembang Api Secara Wireless. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Online), http://repository.wima.ac.id/1940/ diakses tanggal 22 Juli 2019.
  4. Kadir, Abdul. 2018. Programming Wireless untuk Arduino. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  5. Maulana, Tohok. 2018. Aplikasi Pemantik Kembang Api Berbasis Android Menggunakan Media Wi-Fi. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. (Online), http://repository.untag-sby.ac.id/517/ diakses tanggal 22 Juli 2019.
  6. Priyambodo, Tri Kuntoro dan Dodi Heriadi. 2005. Jaringan Wi-fi, Teori & Implementasi. C.V Andi Offset. Yogyakarta.
  7. Rangkuti Syahban. 2011. Simulasi dan Praktik Menggunakan ISIS Proteus dan CodeVisionAVR. Informatika. Bandung.
  8. Syahwil, Muhammad. 2017. Panduan Mudah Belajar Arduino menggunakan Simulasi Proteus. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  9. Wahana Komputer. 2013. Pemograman Android dengan APP Inventor. C.V Andi Offset. Yogyakarta.
  10. Wicaksono, Mochamad Fajar. 2017. Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino. Bandung: Penerbit Informatika