Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer
Engineering
DOI: 10.21070/acopen.4.2021.2034

Web-Based Laptop Sparepart Information System


Sistem Informasi Penjualan Sparepart Laptop Berbasis Web

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Online Method Transaction website

Abstract

In the current digital era, with the advancement of an era where technology is progressing rapidlyto facilitate the activities of the Indonesian people incommunicating.Where at this time many people make buying and selling transaction online so that people are just waiting for the arrival of the goods purchased.From here, many entrepreneurs take advantage of entrepreneurial opportunitieswith this online method, making it easier for people to buy and sell transactions and new business ideas.The purpose of making this web-based system is to make it easier for sellers and buyers, ordering an item and providing information on the existence of spare parts with several types and prices listed as well as available stock. In this data collection method, it is done by analyzing the system that is running to find out the weaknesses of the system.In this research, an application has been produced that can make it easier for HD Comp customers to make spare parts transactions easily for HD Comp parties for data management from transaction data carried out. The application runs smoothly and without problems. The benefits of this research are for future reference materials.

SISTEM INFORMASI PENJUALAN

SPAREPART LAPTOP BERBASIS WEB

Soni Abdala1), Mochamad Alfan Rosid S.Kom.,M.Kom2)

1,2) Program Studi Informatika Fakultas Saintek, Universitas Muhammadiyah

Sidoarjo, Indonesia Jl. Majapahit, 666 B, Sidoarjo

soni.abdala1@gmail.com1), alfanrosid@umsida.ac.id2)

Abstract. In the current digital era, with the advancement of an era where technology is progressing rapidlyto facilitate the activities of the Indonesian people incommunicating.Where at this time many people make buying and selling transaction online so that people are just waiting for the arrival of the goods purchased.From here, many entrepreneurs take advantage of entrepreneurial opportunitieswith this online method, making it easier for people to buy and sell transactions and new business ideas.The purpose of making this web-based system is to make it easier for sellers and buyers, ordering an item and providing information on the existence of spare parts with several types and prices listed as well as available stock. In this data collection method, it is done by analyzing the system that is running to find out the weaknesses of the system.In this research, an application has been produced that can make it easier for HD Comp customers to make spare parts transactions easily for HD Comp parties for data management from transaction data carried out. The application runs smoothly and without problems. The benefits of this research are for future reference materials.

Keywords - Online Method , Transaction ,website

Abstrak. Pada era digital saat ini dengan kemajuannya zaman yang dimana teknologi semakin maju pesat untuk memudahkan aktivitas masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi. Dimana pada saat ini banyaknya masyarakat melakukan transaksi jual beli secara online sehingga masyarakat hanya menunggu kedatangan barang yang di beli. Dari sini banyak pengusaha yang memanfaatkan peluang berwirausaha dengan metode online ini, sehingga mempermudahkan transaksi jual beli dan ide usaha baru bagi masyarakat.Tujuan dari pembuatan sistem berbasis web ini adalah mempermudah para penjual dan pemesan, memesan sebuah barang dan memberikan informasi akan adanya sparepart dengan beberapa jenis dan harga yang tertera serta stok yang tersedia. Pada metode pengumpulan data ini dilakukan dengan menganalisa sistem yang sedang diberjalan untuk mengetahui kelemahan akan sistem tersebut.Pada penelitian ini telah dihasilkan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan dari HD Comp melakukan transaksi sparepart secara mudah bagi pihak HD Comp untuk manajemen data dari data transaksi yang di lakukan. Aplikasi berjalan lancar dan tanpa kendala. Manfaat penelitian ini adalah untuk bahan refrensi yang akan mendatang.

Kata Kunci - Metode online, Transaksi , Website

NAMA JURNAL FAKULTAS
Sistem Informasi Pemesanan Beras “UD. Ndaru Sri Jaya” Berbasis Web TEKNIK
APLIKASI PELATIHAN DAN PEMBELAJARAN PENANAMAN PADI BERBASIS ANDROID TEKNIK

I. Pendahuluan

Teknologi merupakan era maju di jaman sekarang. Komoditas ini bisa di katakan komoditas yang strategis karena dapat mempengaruhi seluruh kebijakan dalam suatu negara yg berkebutuhan dalam era teknologi Dari segi bisnis website sangat bermanfaat serta memudahkan pelanggan dan penjual. Para pembisnis memaanfaatkan kemajuan teknologi khususnya dalam bidang website, banyak sekali maanfaat dan keuntungan yg di dapat dengan teknologi saat ini. Karena maanfaat yang di dapat adalah menghemat waktu dan tenaga.

Proses tersebut akan sangat bermanfaat untuk usaha produksi sparepart laptop. Namun akan adanya masalah yang dihadapi oleh pelanggan adalah keharusan untuk datang ketempat produksi. Dan tentunya Menyita waktu dan tenaga hanya memesan sparepart laptop. Dengan adanya website dimana pemesan tidak perlu repot untuk memesan sprarepart dengan mendatangi tempat produksi tersebut.

II. Metode Penelitian

Penelitian yang dilakukan oleh penulis mengambil lokasi di Desa Bluru Kidul Rt.13 Rw.11 Kec. Sidoarjo Kab. Sidoarjo

  • Lokasi dan Waktu Penelitian
  • Tahap Pengumpulan Data

Pengumpulan data yang diperoleh dari tempat produksi yang berada di Desa Bluru Kidul dengan cara observasi dan pencatatan data.

Melakukan wawancara kepada pemilik usaha dengan memberikan pertanyaan mengenai objek yang sedang diteliti agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

  • Pengamatan (Observasi)
  • Wawancara (Interview)
  • Studi Literatur

Mempelajari artikel, dan karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan penelitian saat ini. Guna mendapatkan informasi sebagai refrensi

Pada bagian ini diberikan penjelasan mengenai tahap-tahap perancangan pembuatan sistem. Berikut tahap-tahapnya:

Gambar 2.2 DFD Lv 1

Gambar 1 Flowchart4. Entity Relationship Diagram

  • Flowchart3. Data Flow Diagram Level 1
  • Data Flow Diagram

Gambar 2.1 DFD Lv.0Gambar 3ERD

III. Hasil dan Pembahasan

Dari hasil pembuatan Sistem Informasi Profil Usaha Berbasis Web dan Penjualan Sparepart Laptop Berbasis Web terdapat beberapa diantaranya :

  • Sistem ini memudahkan pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi penjualan sparepart.
  • Sistem hanya bisa digunakan oleh pelanggan yang berdomisili Bluru dan sekitarnya.

Halaman login adalah halaman utama sebuah sistem agar tidak disalah gunakan oleh sembarang orang.

Halaman ini menampilkan produk yang biasa di pesan oleh pelanggan.

Pada menu ini admin bisa melihat data pesanan yang telah di input oleh user atau pelanggan.

Pada menu ini berisikan tentang data-data transaksi yang sudah di lunasi oleh pelanggan.

Halaman login user ini di haruskan untuk memasukkan username dan password agar tidak disalah gunakan orang.

Halaman ini menampilkan menu sparepart yang tersedia dan dilengkapi dengan harga.

Halaman ini menampilkan form pemesanan yang nantinya akan di isi oleh user atau pengguna.

  • Implementasi Aplikasi untuk Admin
    • Login
    • Data Sparepart
    • Data Pesanan
    • Data Transaksi
  • Implementasi Aplikasi untuk User
    • Login
    • Data Sparepart
    • Form Pemesanan
    • Tagihan Pembayaran

Halaman ini user di haruskan melakukan transaksi sesuai dengan jumlah pesanan.

IV. KUTIPAN TEXT DAN ARTIKEL DAN DAFTAR REFRENSI

Spare Part adalah suatu komponen yang terdapat pada rangkaian perangkat. [1]

Web yang merupakan sebuah perangkat lunak yang menyajikan informasi berupa teks, gambar, video ataupun suara. [2]

Kumpulan data yang saling berhubungan atau relasi. Relasi biasanya memiliki kata kunci dari setiap file yang ada.[3]

PHP adalah salah satu bahasa pemograman yang digunakan untuk client– server. [4].

HTML adalah bahasa yang digunakan di dalam merancang website. [5]

Sublime text merupakan perangkat lunak text editor yang digunakan untuk membuat atau meng-edit suatu aplikasi. [6]

XAMPP merupakan aplikasi web server instan yang berisikan paket instalasi apache, PHP, dan MYSQL untuk membantu proses instalasi ketiga produk tersebut. [7-9]

  • Sparepart Laptop
  • Web
  • Basis Data
  • PHP
  • HTML
  • Sublime Text Editor
  • XAMPP
  • ORACLE

Oracle adalah relational database management system (RDBMS)untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan teritegrasi. [10]

V.KESIMPULAN

Sistem ini dapat memenuhi tujuan awal pembuatan sistem yaitu membangun dan merancang sistem pemesanan sparepart. dimana sistem ini dapat mempermudah pembeli dan pemilik dalam melakukan proses pemesanan sparepart. Sistem ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga user dan admin dapat dengan mudah dalam menjalankan sistem ini.

Ucapan Terima Kasih

Terima kasih kepada ayah dan ibu dan teman-temanku yang telah menyemangatiku dan mengisi duniaku dengan begitu banyak kebahagiaan sehingga seumur hidup tidak akan cukup untuk menikmati semuanya. Karena kalian semua dan untuk kedua orang tuaku terima kasih berkat kalian berdua hidup terasa begitu mudah dan penuh kebahagiaan, terimah kasih karena selau menjagaku dalam doa-doa mu.

Referensi

[4] Zakir, A. (2016). Rancang Bangun Responsive Web Layout Dengan Menggunakan Bootstrap Framework. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 1(1), 7–10. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v1i1.31

  • [1] Sihombing, J., & Sihotang, L. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA BERBASIS WEB DI PT. TEGAR PRIMA NUSANTARA CIMAHI. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan5(3), 1-9.
  • [2] Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang4(4), 125-130.
  • [3] Asfinoza, A., Puspasari, S., & Sunardi, H. (2018). Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis Web pada PT. Sri Aneka Karyatama. Jurnal Media Infotama14(1).
  • [5] Rian, H., & Nugroho, T. P. (2019). Rancang bangun sistem informasi pembelian obat pada klinik djanti medika bekasi. Jurnal Lentera Ict, 5(1), 12–19.

[6] Praelsetyo, A., & Susanti, R. (2016). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(2), 1–16.

References

  1. Sihombing, J., & Sihotang, L. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA BERBASIS WEB DI PT. TEGAR PRIMA NUSANTARA CIMAHI. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 5(3), 1-9.
  2. Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 125-130.
  3. Asfinoza, A., Puspasari, S., & Sunardi, H. (2018). Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis Web pada PT. Sri Aneka Karyatama. Jurnal Media Infotama, 14(1).
  4. Zakir, A. (2016). Rancang Bangun Responsive Web Layout Dengan Menggunakan Bootstrap Framework. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 1(1), 7–10. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v1i1.31
  5. Rian, H., & Nugroho, T. P. (2019). Rancang bangun sistem informasi pembelian obat pada klinik djanti medika bekasi. Jurnal Lentera Ict, 5(1), 12–19.
  6. Praelsetyo, A., & Susanti, R. (2016). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(2), 1–16.